Kompas.com - 13/01/2021, 12:58 WIB
Ilustrasi cerpen Ilustrasi cerpen
|

KOMPAS.com - Masa pandemi ini mendorong anak atau siswa sekolah untuk aktif berkegiatan di rumah. Tentu selain mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Jika kamu suka dengan menulis cerita pendek (cerpen), maka kamu harus terus meningkatkan kemampuan menulismu. Siapa tahu nanti kamu bisa menjadi cerpenis.

Tapi, bagaimana cara menulis cerpen yang baik dan benar? Tentu kamu harus paham cara-caranya. Hal ini juga bisa dilakukan orang tua untuk mengajari anak menulis cerpen.

Melansir laman Guru Berbagi Kemendikbud, Rabu (13/1/2021), ini cara menulis cerpen yang baik dan benar:

1. Ada motivasi menulis

Hal yang utama ialah bukanlah hal teknis, melainkan motivasi. Tanyakan pada diri Anda, mengapa menulis cerpen? Untuk apa?

Baca juga: Orangtua Jangan Emosi, Begini Manfaat Dampingi Anak BDR

Jawaban atas pertanyaan ini bisa beragam. Tidak ada yang buruk. Termasuk motivasi untuk mendapatkan penghargaan atau agar terkenal.

Siapa yang tidak bangga saat melihat cerpennya dimuat majalah nasional? Tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri.

Namun, tentu ada motivasi-motivasi lain. Mungkin motivasinya adalah ingin berbagi pengalaman hidup yang inspiratif.

Mungkin untuk mengkritik adat yang tak cocok lagi diterapkan di zaman sekarang. Mungkin juga untuk mencurahkan isi hati agar tak senyum-senyum sendiri.

Motivasi ini penting karena saat kita mengalami kesulitan dalam menulis nanti, kita bisa mengingat kembali tujuan kita menulis cerpen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X