Kompas.com - 13/01/2021, 16:45 WIB
Ilustrasi perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi perguruan tinggi

KOMPAS.com - Beragam pilihan Politeknik di seleksi nasional bagi calon mahasiswa semakin menambah peluang besar. Karena, sekarang ada lima jalur yang bisa diakses calon mahasiswa untuk mendaftar D3 dan D4

Melansir kanal Youtube Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, ada lima jalur seleksi.

Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), lalu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), kemudian Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), dan jalur Seleksi Mandiri.

Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) Zainal Arief meminta semua calon mahasiswa mengerti persyaratan di masing-masing jalur pendaftaran.

Baca juga: Ingin Daftar D4 di SNMPTN? Yuk, Simak Dulu Serba-serbinya

"Untuk itu peserta perlu memperhatikan persyaratan, kelengkapan serta jadwalnya agar tidak salah memilih jalur penerimaan," ujar Zainal dalam siaran virtual tersebut.

Zainal menambahkan untuk SNMPTN dan SBMPTN merupakan kolaborasi bersama dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang diperuntukkan untuk jenjang D4 atau sarjana terapan. Jalur seleksi itu diikuti 39 politeknik negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk SNMPN dan SBMPN merupakan jalur seleksi untuk jenjang D3 dan diikuti 44 politeknik negeri.

Baca juga: Ikut SNMPN 2021, Ini 44 Politeknik Negeri yang Bisa Dipilih

SNMPN merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara SBMPN adalah seleksi tertulis yang diselenggarakan oleh politeknik negeri.

Zainal menjelaskan dengan bergabungnya politeknik dan LTMPT, secara tidak langsung akan mendukung terbentuknya karakter bersaing di antara calon pendaftar, yaitu lulusan SMA, SMK, dan MA/Sederajat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.