Pandemi, Fikom UMB Tingkatkan Skill pada UMKM dan Siswa SMAN 1 Cimarga

Kompas.com - 22/01/2021, 15:13 WIB
Ilustrasi UMKM shutterstock.comIlustrasi UMKM
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negara ini berdampak diberbagai sektor. Salah satunya ialah sektor pariwisata dan pendidikan.

Seperti halnya di Kabupaten Lebak Banten. Destinasi wisata di Lebak cukup terdampak dengan turunnya jumlah wisatawan yang datang. Jika jumlah wisatawan turun, maka juga berdampak pada UMKM dengan turunnya pembeli.

Sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta mengadakan Program Pengabdian kepada Masyarakat secara daring dengan pelaku UMKM ekonomi kreatif.

Baca juga: Siswa Kelas X, Berikut 6 Poin Keterampilan Penting Teks Negosiasi

Selain itu juga, program dari UMB juga diberikan pada siswa SMAN 1 Cimarga, Lebak, Banten dengan mengangkat tema Komunikasi Pemasaran Kreatif dan Literasi Media Digital.

Menurut Wakil Dekan Fikom UMB, Dr. A Rahman HI, M.Si., program ini terselenggara atas kerja sama antara Fikom UMB dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwasata Kabupaten Lebak, serta SMAN 1 Cimarga.

"Kegiatan ini merupakan bentuk sumbangsih kami sebagai dosen atau akademisi di Universitas Mercu Buana untuk masyarakat dalam hal ini UMKM dan siswa-siswi SMAN 1 Cimarga," terang Rahman dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Dia berharap dari kegiatan ini peserta mendapatkan banyak pengetahuan baik itu konsep dan skill atau kompetensi tentang komunikasi pemasaran kreatif dan juga literasi media digital, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

UMKM dan siswa-siswi SMA perlu pengetahuan khusus bagaimana memanfaatkan media digital agar dapat lebih maju dan bisa bersaing.

Adapun kegiatan digelar selama 3 hari dimulai dari 19-21 Januari 2021 dan diikuti oleh sekitar 20 pelaku UMKM serta 20 siswa SMAN 1 Cimarga.

1. Tema Komunikasi Pemasaran Kreatif disampaikan selama 2 hari untuk pelaku UMKM Ekonomi Kreatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X