Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi, Fikom UMB Tingkatkan Skill pada UMKM dan Siswa SMAN 1 Cimarga

Kompas.com - 22/01/2021, 15:13 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negara ini berdampak diberbagai sektor. Salah satunya ialah sektor pariwisata dan pendidikan.

Seperti halnya di Kabupaten Lebak Banten. Destinasi wisata di Lebak cukup terdampak dengan turunnya jumlah wisatawan yang datang. Jika jumlah wisatawan turun, maka juga berdampak pada UMKM dengan turunnya pembeli.

Sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta mengadakan Program Pengabdian kepada Masyarakat secara daring dengan pelaku UMKM ekonomi kreatif.

Baca juga: Siswa Kelas X, Berikut 6 Poin Keterampilan Penting Teks Negosiasi

Selain itu juga, program dari UMB juga diberikan pada siswa SMAN 1 Cimarga, Lebak, Banten dengan mengangkat tema Komunikasi Pemasaran Kreatif dan Literasi Media Digital.

Menurut Wakil Dekan Fikom UMB, Dr. A Rahman HI, M.Si., program ini terselenggara atas kerja sama antara Fikom UMB dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwasata Kabupaten Lebak, serta SMAN 1 Cimarga.

"Kegiatan ini merupakan bentuk sumbangsih kami sebagai dosen atau akademisi di Universitas Mercu Buana untuk masyarakat dalam hal ini UMKM dan siswa-siswi SMAN 1 Cimarga," terang Rahman dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Dia berharap dari kegiatan ini peserta mendapatkan banyak pengetahuan baik itu konsep dan skill atau kompetensi tentang komunikasi pemasaran kreatif dan juga literasi media digital, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

UMKM dan siswa-siswi SMA perlu pengetahuan khusus bagaimana memanfaatkan media digital agar dapat lebih maju dan bisa bersaing.

Adapun kegiatan digelar selama 3 hari dimulai dari 19-21 Januari 2021 dan diikuti oleh sekitar 20 pelaku UMKM serta 20 siswa SMAN 1 Cimarga.

1. Tema Komunikasi Pemasaran Kreatif disampaikan selama 2 hari untuk pelaku UMKM Ekonomi Kreatif.

2. Tema Literasi Media Digital disampaikan khusus untuk siswa/siswi SMAN 1 Cimarga.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahayadin menyatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi kemajuan UMKM ekonomi kreatif di Lebak.

"Karena pandemi covid-19 ini, destinasi wisata di Lebak cukup terdampak dengan turunnya jumlah wisatawan yang datang. Hal ini juga berdampak pada UMKM dengan turunnya pembeli," terangnya.

Dia berharap dari kegiatan ini akan menambah wawasan atau pengetahuan baru yang nantinya bisa memunculkan banyak solusi bagi UMKM.

Baca juga: Apa Itu Vaksin Covid-19? Siswa, Yuk Cari Tahu

Sementara Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Cimarga, Yanthi Yulyanti, M.Pd., juga berharap materi yang disampaikan ini siswa dapat memahami dan memanfaatkan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com