7 Tips Memulai Investasi Syariah bagi Milenial dari Pakar IPB

Kompas.com - 23/01/2021, 15:06 WIB
Ilustrasi investasi Dok. SHUTTERSTOCK/LOOKERSTUDIOIlustrasi investasi

KOMPAS.com - Saat ini semakin banyak generasi muda yang tertarik untuk melakukan investasi sebagai salah satu cara menumbuhkan pendapatan.

Banyaknya arus informasi seputar investasi cukup membuka mata milenial untuk berani memulai investasi, salah satunya instrumen investasi syariah.

Sebelum memulai investasi syariah, Irfan Syauqi Beik dari Program Studi Ilmu Ekonomi Syariah IPB University memberikan sejumlah tips memulai investasi syariah untuk milenial.

Merangkum laman Instagram IPB University, Sabtu (23/1/2021), berikut tips memulai investasi syariah untuk milenial:

Baca juga: BCA Buka Beasiswa Pendidikan, Kuliah Gratis dan Uang Saku Bulanan

1. Tetapkan tujuan investasi

Langkah pertama untuk memulai investasi ialah menetapkan tujuan kamu berinvestasi, yakni apakah untuk jangka pendek atau jangka panjang.

Pada setiap tujuan, tentu ada instrumen investasi yang dipilih. Instrumen investasi umumnya bisa berupa deposito, emas, peer to peer lending dan lainnya. Selanjutnya, pilihlah instrumen yang sesuai dengan ketentuan syariah.

2. Mapan itu relatif

Selanjutnya, pahami kondisi kamu saat ini, seperti apa rencana-rencana dan target dalam hidup?

"Ini sangat penting agar keputusan investasi yang Anda lakukan betul-betul tepat dan membawa manfaat," terang Irfan.

Ia menyarankan para milenial untuk berinvestasi dari sekarang. Tidak perlu menunggu hingga mapan, sebab menurutnya mapan itu relatif.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 6 Juta Per Bulan

3. Kenali risiko investasi

Milenial bisa berinvestasi di sektor riil maupun sektor keuangan. Pelajari dan kenali risiko dari setiap instrumen investasi tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X