Kompas.com - 30/01/2021, 13:49 WIB
Ilustrasi covid 19 KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi covid 19
|

KOMPAS.com - Sampai saat ini, kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Bahkan sekarang total kasusnya sudah mencapai lebih dari 1 juta kasus.

Tak hanya itu aja, sekarang juga muncul beragam gejala penyakit yang disebabkan virus SARS Cov-2. Covid Tongue menjadi salah satu gejala baru yang dijumpai pada sejumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Apa itu Covid Tongue? Seperti apa ciri-cirinya? Melansir laman UGM, Jumat (29/1/2021), Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan, dan Kepala Leher (THT-KL) Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr. Anton Sony Wibowo, Sp.T.H.T.K.L., M.Sc., FICS., memberikan penjelasan.

Baca juga: Indonesia Lewati 1 Juta Kasus Covid, Ini Saran Pakar Epidemiologi UGM

Dikatakan, Covid Tongue merupakan peristiwa terjadinya perubahan karakteristik lidah. Perubahan tersebut antara lain perubahan:

1. warna

2. bentuk

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. kondisi permukaan lidah

4. serta perubahan rasa nyeri pada pasien terinfeksi Covid-19

Atau ada perubahan warna lidah, bentuk permukaan lidah, derajat sensitivitas lidah, dan gambaran selaput permukaan lidah.

"Manifestasinya memang beragam bisa seperti pecah-pecah, herpes pada lidah, maupun jamur pada lidah, namun belum bisa disimpulkan secara spesifik," ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.