Kompas.com - 01/02/2021, 15:20 WIB
Ilustrasi Industri 4.0 SHUTTERSTOCKIlustrasi Industri 4.0
|

KOMPAS.com - Gedung bertingkat tinggi itu dibangun oleh lulusan Teknik Sipil. Jika berhubungan dengan pembangkit listrik tentu dikaitkan dengan Teknik Elektro.

Sedangkan jurusan atau Program Studi Teknik Industri, produk apa yang akan dihasilkan? Ternyata, prodi ini juga mempelajari bidang lain.

Jika kamu mengambil Prodi Teknik Industri, maka kamu akan belajar membubut dan mengelas bersama teman-teman dari Teknik Mesin dan belajar membuat rangkaian elektronik yang merupakan bidangnya Teknik Elektro.

Baca juga: Prospek Kerja Prodi Astronomi ITB, Ini Jurusan Langka Lho...

Bahkan, nantinya kamu juga akan membuat program dan basis data yang merupakan bidang kajian Teknik Informatika. Namun bukan berarti ilmu Teknik Industri tidak jelas, karena dalam teknik industri yang dipelajari adalah:

  • pengetahuan
  • pendekatan
  • pola pikir
  • prinsip-prinsip
  • ketrampilan

Semua itu tetap berakar pada keilmuan teknik yaitu proses perancangan (design). Namun obyek yang dirancang bukan sesuatu yang konkret seperti jembatan, gedung, pesawat terbang, atau yang lain.

Melainkan apa yang disebut sebagai sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi dan informasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi yang tertarik ingin kuliah dan mengambil jurusan Teknik Industri, maka simak dulu informasi seputar Prodi Teknik Industri berikut prospek kerjanya. Adapun informasi dilansir dari laman Institut Teknologi Bandung (ITB).

Hal yang menjadi perhatian dalam merancang sistem integral ini adalah bagaimana kita mampu mengoptimalkan kinerja, dengan jargon yang sangat terkenal yaitu efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.

Jika dianalogikan, sebuah pabrik yang beroperasi dan ternyata masih banyak sumber daya (orang, mesin, bahan baku) yang mengangggur, dengan ilmu-ilmu yang didapatkan di TI, maka seorang sarjana TI akan mampu merumuskan solusi.

Tentu agar kapasitas produksi tersebut bisa ditambah, bagaimana pekerjanya dapat bekerja dengan lebih nyaman dan baik, bagaimana produktivitas dapat ditingkatkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.