Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Kuliah Teknik Industri? Ini Lho Prospek Kerjanya Nanti

Kompas.com - 01/02/2021, 15:20 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Gedung bertingkat tinggi itu dibangun oleh lulusan Teknik Sipil. Jika berhubungan dengan pembangkit listrik tentu dikaitkan dengan Teknik Elektro.

Sedangkan jurusan atau Program Studi Teknik Industri, produk apa yang akan dihasilkan? Ternyata, prodi ini juga mempelajari bidang lain.

Jika kamu mengambil Prodi Teknik Industri, maka kamu akan belajar membubut dan mengelas bersama teman-teman dari Teknik Mesin dan belajar membuat rangkaian elektronik yang merupakan bidangnya Teknik Elektro.

Baca juga: Prospek Kerja Prodi Astronomi ITB, Ini Jurusan Langka Lho...

Bahkan, nantinya kamu juga akan membuat program dan basis data yang merupakan bidang kajian Teknik Informatika. Namun bukan berarti ilmu Teknik Industri tidak jelas, karena dalam teknik industri yang dipelajari adalah:

  • pengetahuan
  • pendekatan
  • pola pikir
  • prinsip-prinsip
  • ketrampilan

Semua itu tetap berakar pada keilmuan teknik yaitu proses perancangan (design). Namun obyek yang dirancang bukan sesuatu yang konkret seperti jembatan, gedung, pesawat terbang, atau yang lain.

Melainkan apa yang disebut sebagai sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi dan informasi.

Bagi yang tertarik ingin kuliah dan mengambil jurusan Teknik Industri, maka simak dulu informasi seputar Prodi Teknik Industri berikut prospek kerjanya. Adapun informasi dilansir dari laman Institut Teknologi Bandung (ITB).

Hal yang menjadi perhatian dalam merancang sistem integral ini adalah bagaimana kita mampu mengoptimalkan kinerja, dengan jargon yang sangat terkenal yaitu efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.

Jika dianalogikan, sebuah pabrik yang beroperasi dan ternyata masih banyak sumber daya (orang, mesin, bahan baku) yang mengangggur, dengan ilmu-ilmu yang didapatkan di TI, maka seorang sarjana TI akan mampu merumuskan solusi.

Tentu agar kapasitas produksi tersebut bisa ditambah, bagaimana pekerjanya dapat bekerja dengan lebih nyaman dan baik, bagaimana produktivitas dapat ditingkatkan.

Disamping itu, pengetahuan yang penting bagi TI ini bahkan menjadi nilai tambah tersendiri bagi sarjana TI. Karena keilmuan TI mampu menjembatani antara aspek teknis dengan aspek manusia, keuangan, organisasi, dan lain-lain.

Baca juga: Sea Hadirkan Beasiswa Penuh Kuliah di UI, ITB, IPB, UGM, Binus dan IT Del

Hal ini didukung dengan cara pengajaran yang mengajak teman-teman untuk berpikir kritis dengan contoh-contoh konkret yang up to date serta proyek-proyek perancangan yang dikerjakan berkelompok. Misalnya:

  1. bagaimana merancang tata letak pabrik
  2. bagaimana mengembangkan aplikasi sistem informasi untuk perusahaan
  3. bagaimana membuat proposal bisnis
  4. bagaimana mengelola organisasi dengan berbagai permasalahannya

Prospek Kerja

Berikut ini prospek kerja Teknik Industri:

1. Bidang produksi/operasi dan penjaminan mutu

Lulusan TI sangat dibutuhkan khususnya untuk menangani perencanaan dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, pengembangan sistem manajemen kualitas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com