Kompas.com - 03/02/2021, 14:21 WIB
Pelatihan satgas penanganan Covid-19 tingkat RT yang diadakan Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta ScreenshotPelatihan satgas penanganan Covid-19 tingkat RT yang diadakan Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta
|

KOMPAS.com - Dalam penanganan pandemi Covid-19 perlu sinergitas berbagai pihak. Agar penanganan warga terkonfirmasi positif bisa cepat, satuan tugas (Satgas) penanganan dan pencegahan Covid-19 berbasis masyarakat juga harus dibentuk.

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DIY Rani Ayuhapsari mengatakan, beberapa orang menganggap saat terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan sebuah aib dan menyembunyikannya.

Menurut Rani, jika satgas tingkat RT terbentuk, koordinasi dengan satgas di tingkat atas akan lebih cepat.

"Satgas di tingkat RT ini penting karena semakin kecil lingkungan yang kita dampingi semakin mudah dikendalikan penanganan Covid-19. Ketua RT memilih warga terbaiknya untuk berpartipasi dalam satgas RT," kata Rani dalam Pelatihan Penguatan Satgas RT Dalam Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Berbasis Masyarakat untuk Mendukung Sistem Kesehatan Masyarakat yang diadakan Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta secara daring, Rabu (3/2/2021).

Baca juga: Satgas Covid-19: Pemda Harus Berpikir Matang Sebelum Izinkan Belajar Tatap Muka

Satgas RT lebih mengenal warganya

Satgas tingkat RT dinilai efektif karena mereka lebih mengenal warga di lingkungannya. Sehingga ketika ada yang terkonfirmasi positif, bisa segera bertindak.

Ada beberapa bidang dalam satgas RT. Seperti tugas dalam melakukan tracing kontak erat orang-orang di lingkungan tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika ada warga yang harus melakukan isolasi mandiri, satgas RT juga bisa membantu dalam hal logistik dan psikososial bagi warga tersebut," urai Rani.

Selain itu juga dibutuhkan bidang disinfektan dan informasi serta edukasi. Dalam hal ini, anggota Karang Taruna juga bisa dilibatkan untuk membuat informasi terkait pencegahan Covid-19.

Baca juga: Satgas: Banyak Anggapan Teman Dekat Tidak Tularkan Covid-19

"Kalangan anak-anak muda juga bisa menjadi garda terdepan dan menjadi bagian dari satgas RT," imbuh Rani.

Satgas RT bisa cepat lakukan lokalisir

Sementara itu Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan DIY Muchamad Agus Priyanto menambahkan, saat ini pihaknya menggencarkan program 'Ayo Gawe Jogja Zona Hijau'.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X