Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Prodi Mikrobiologi? Ini Ulasan Berikut Prospek Kerjanya

Kompas.com - 18/02/2021, 11:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sejak awal 2021, setiap kampus sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru. Tentu, bagi calon mahasiswa harus segera menentukan pilihan jurusan kuliah apa yang akan diambil.

Jurusan kuliah tentu ada banyak sekali. Namun, apakah kamu sudah paham jurusan kuliah atau Program Studi (Prodi) Mikrobiologi?

Salah satu kampus yang ada Prodi Mikrobiologi ialah Institut Teknologi Bandung (ITB). Seperti apa jurusan kuliah ini?

Melansir laman ITB, Mikrobiologi merupakan ilmu terapan yang memanfaatkan mikroorganisme (mikroba) sebagai alat untuk peningkatan kualitas hidup manusia.

Pada awalnya pemanfaatan mikroba hanya berkisar pada industri makanan saja. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, mikroba banyak digunakan untuk kegiatan manusia yang lainnya seperti pengelolaan limbah atau pengembangan ilmu pengetahuan di bidang rekayasa genetika dan lain sebagainya.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Berhubungan mikroba

Sesuai dengan namanya, pada Prodi Mikrobiologi kamu akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan mikroba. Hal ini tentu akan berbeda dengan Prodi Biologi yang cakupan ilmunya lebih luas.

Di Prodi Mikrobiologi kamu tentu tidak banyak berhubungan langsung dengan tumbuhan dan hewan, walaupun tetap ada interaksi antara mikroba dengan tumbuhan dan hewan, misalnya untuk masalah yang berkaitan dengan penyakit tanaman, penyakit infeksi.

Di Prodi Mikrobiologi kamu akan belajar teknik rekayasa genetika, kultur sel, teknologi fermentasi, pembuatan makanan yang prosesnya melibatkan mikroba.

Jika kuliah di jurusan ini, kamu dapat memanfaatkan berbagai pengetahuan yang ada untuk membuat berbagai jenis makanan sehat yang prosesnya menggunakan mikroba atau langsung memanfaatkan mikroba yang ada.

Misalnya, yogurt dan keju. Dua jenis makanan ini merupakan makanan yang proses pembuatannya dibantu oleh mikroba. Takaran dan jenis mikroba yang digunakan akan memengaruhi rasa yogurt dan keju yang dihasilkan dari proses fermentasi.

Selain itu, kini mikroba juga mulai digunakan untuk mengatasi masalah limbah. Misalnya, pada saat pengangkutan minyak bumi dari pengeboran lepas pantai atau distribusi minyak bumi dari satu tempat ke tempat yang lain.

Jika terjadi kebocoran di laut sehingga mengakibatkan tumpahan minyak bumi (yang tentunya mencemari laut), mikroba tepatnya bakteri tertentu memiliki kemampuan untuk membantu proses pembersihan laut. Caranya? Bakteri tersebut akan "memakan" minyak yang ada.

Prospek kerja

Lantas, bagaimana prospek kerja Mikrobiologi?

1. Instansi Pemerintah

Lulusan Mikrobiologi dapat bekerja di berbagai Departemen seperti Departemen Pertanian, Departemen Pertambangan dan Perminyakan, Departemen Kesehatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com