Kompas.com - 18/02/2021, 11:21 WIB
Mahasiswa Biologi Southern Arkansas University dengan mikroskop. Mahasiswa Biologi Southern Arkansas University dengan mikroskop.
|

KOMPAS.com - Sejak awal 2021, setiap kampus sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru. Tentu, bagi calon mahasiswa harus segera menentukan pilihan jurusan kuliah apa yang akan diambil.

Jurusan kuliah tentu ada banyak sekali. Namun, apakah kamu sudah paham jurusan kuliah atau Program Studi (Prodi) Mikrobiologi?

Salah satu kampus yang ada Prodi Mikrobiologi ialah Institut Teknologi Bandung (ITB). Seperti apa jurusan kuliah ini?

Melansir laman ITB, Mikrobiologi merupakan ilmu terapan yang memanfaatkan mikroorganisme (mikroba) sebagai alat untuk peningkatan kualitas hidup manusia.

Pada awalnya pemanfaatan mikroba hanya berkisar pada industri makanan saja. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, mikroba banyak digunakan untuk kegiatan manusia yang lainnya seperti pengelolaan limbah atau pengembangan ilmu pengetahuan di bidang rekayasa genetika dan lain sebagainya.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Berhubungan mikroba

Sesuai dengan namanya, pada Prodi Mikrobiologi kamu akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan mikroba. Hal ini tentu akan berbeda dengan Prodi Biologi yang cakupan ilmunya lebih luas.

Di Prodi Mikrobiologi kamu tentu tidak banyak berhubungan langsung dengan tumbuhan dan hewan, walaupun tetap ada interaksi antara mikroba dengan tumbuhan dan hewan, misalnya untuk masalah yang berkaitan dengan penyakit tanaman, penyakit infeksi.

Di Prodi Mikrobiologi kamu akan belajar teknik rekayasa genetika, kultur sel, teknologi fermentasi, pembuatan makanan yang prosesnya melibatkan mikroba.

Jika kuliah di jurusan ini, kamu dapat memanfaatkan berbagai pengetahuan yang ada untuk membuat berbagai jenis makanan sehat yang prosesnya menggunakan mikroba atau langsung memanfaatkan mikroba yang ada.

Misalnya, yogurt dan keju. Dua jenis makanan ini merupakan makanan yang proses pembuatannya dibantu oleh mikroba. Takaran dan jenis mikroba yang digunakan akan memengaruhi rasa yogurt dan keju yang dihasilkan dari proses fermentasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X