Kompas.com - 20/02/2021, 09:01 WIB
Mahasiswa UAD Yogyakarta membuat permainan ular tangga sebagai media bimbingan dan konseling. Tangkap layar webiste Universitas Ahmad Dahlan YogyakartaMahasiswa UAD Yogyakarta membuat permainan ular tangga sebagai media bimbingan dan konseling.
|

KOMPAS.com - Menjaga pola hidup sehat merupakan modal utama untuk menjaga kesehatan seseorang. Jika asupan makan tidak bagus ditambah perilaku yang jauh dari sehat, tentu lambat laun akan berdampak pada tubuh.

Bagi sebagian orang, menerapkan pola hidup sehat dianggap suatu hal yang sulit dilakukan. Padahal pola hidup sehat sangat penting dilakukan oleh seseorang. Misalnya, makan dengan menu yang sehat dan gizi seimbang, olahraga teratur, istirahat yang cukup, serta menghindari stres.

Berangkat dari permasalahan ini, mahasiswa Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Muhammad Sinung Rahmat Akbar Syah membuat cara menyenangkan untuk melakukan pola hidup sehat menggunakan permainan ular tangga.

Baca juga: Serunya Membuat Robot Light Follower Bersama Mahasiswa ITS

Sebagai media bimbingan dan konseling

Melansir laman uad.ac.id, Sinung mengungkapkan awal mula dibuatnya konsep permainan ular tangga ini. Dia membuat permainan ular tangga sebagai media bimbingan dan konseling.

Menurut Sinung, metode ini seperti permainan ular tangga pada umumnya. Sinung mendesain dengan warna-warni cerah agar menarik untuk dimainkan.

Baik secara kelompok besar maupun kelompok kecil yang melibatkan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Media ular tangga yang saya buat ini sengaja saya desain dengan warna yang cerah agar menarik peserta didik. Selain itu, tujuan dari ular tangga yaitu meningkatkan kualitas layanan BK agar lebih kreatif dan inovatif," papar Sinung seperti dikutip laman uad.ac.id, Sabtu (20/2/2021).

Baca juga: Prof Nizam: Mahasiswa Harus Jadi Pembelajar Sejati

Sinung mengungkapkan, pada umumnya, bimbingan dan konseling yang disampaikan dengan media menarik akan lebih lama diingat oleh peserta didik.

Juara 3 lomba inovasi media Bimbingan Konseling

Permainan ular tangga untuk menerapkan pola hidup sehat ini dibuat Sinung dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN).

Tak tanggung-tanggung, inovasi yang dilakukan Sinung berhasil meraih juara 3 Lomba Inovasi Media BK Kategori Mahasiswa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X