Tak Cuma Menambah Peluang, Ini 3 Keuntungan Belajar Bahasa Inggris

Kompas.com - 20/02/2021, 09:15 WIB
Ilustrasi mahasiswa internasional di Inggris. (DOK. BRITISH COUNCIL) Ilustrasi mahasiswa internasional di Inggris.

KOMPAS.com - Meski bukan merupakan bahasa ibu, namun mempelajari bahasa asing seperti Bahasa Inggris memiliki keuntungan tersendiri.

Kesempatan berkarir di luar negeri, mengembangkan kemampuan secara internasional mau tidak mau membuat seseorang harus mengasah kemampuan berbahasa Inggrisnya.

Dari polling kecil-kecilan yang dilakukan oleh The British Institute ( TBI), Institusi Pendidikan Bahasa Inggris, ternyata 82 persen dari peserta polling menganggap kebutuhan berbahasa Inggris adalah primer.

Sebab, banyak sekali kesempatan untuk mengembangkan diri diantaranya cakap berbahasa asing.

Dalam talkshow TBI bertajuk "37th Anniversary TBI: Talkshow Belajar Bahasa Inggris: Primer atau Sekunder?", Rapper kawakan Indonesia Yacko yang membagikan pengalamannya.

Adapun acara Talkshow ini merupakan serangkaian Anniversary ke-37 TBI, yang telah dilangsungkan sejak 18 Februari 2021.

Agar bisa berkembang ke luar negeri

Yacko mengatakan, selama ini untuk menulis lagu saja dirinya perlu riset mendalam. "Misal nih, mengenai kekerasan seksual. Nah aku cari materinya kan kemana-mana. Perform juga perlu bahasa Inggris biar makna dan pesan dari lagu ku bisa sampai ke penonton," ujar dia.

Ia mengatakan, beberapa lagunya ada yang ditulis dengan lirik Bahasa Indonesia. Namun, untuk biografinya tetap ditulis berbahasa Inggris.

Baca juga: TBI Hasilkan Lulusan Berdaya Saing Global

"Ini memberikan kesempatan diri aku agar bisa berkembang ke luar negeri. Pernah ada undangan ke salah satu negara, tawaran kerjaan brand dari luar negeri, kemudian klien dari perusahaan kosmetik yang menggunakan bahasa Inggris. Dari situ, mengapa bahasa Inggris itu emang perlu dipelajari," kata dia.

Yacko juga menyinggung salah satu aplikasi yang sedang booming, yakni Clubhouse. Aplikasi ini, kata Yacko berisi banyak cara untuk personal branding, marketing, dan ilmu lain yang bisa diambil.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X