Kompas.com - 05/03/2021, 21:10 WIB
Ilustrasi guru, Hari Guru Nasional ShutterstockIlustrasi guru, Hari Guru Nasional

KOMPAS.com - Langkah Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Jawa Tengah menyejahterakan guru honorer diapresiasi Kemendikbud

Kemendikbud sendiri mengapresiasi usaha Pemkot Salatiga yang telah memberikan gaji setara Upah Minimum Kota (UMK) kepada guru honorer.

Selain itu, pihak Disdik Kota Salatiga juga memfasilitasi para guru honorer agar memperoleh kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, Disdik Kota Salatiga juga sudah menyiapkan jadwal-jadwal pelatihan untuk Seleksi Guru Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK)

Hal itu, diutarakan oleh Dirjen GTK, Iwan Syahril. "Ibu Yuni ini sungguh luar biasa. Semangat tata kelola guru di mana pemerintah pusat dan daerah bersinergi untuk memajukan profesi guru dan melindungi para guru patut dicontoh," ujar Iwan dilansir dari laman resmi Kemendikbud. 

Tahun ini, rencananya akan dibuka seleksi satu juta guru PPPK. Ia mengatakan, terus memaksimalkan persiapan seleksi. Iwan juga mendorong agar seluruh calon peserta dapat membentuk ekosistem di mana guru dapat saling membantu satu sama lain baik secara daring maupun luring.

Baca juga: Mendikbud: Seleksi Guru PPPK Dilakukan Secara Online

Misalnya, membuat kelompok di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) masing-masing. "Seri Belajar Mandiri bagi Calon Guru ASN PPPK ini dapat diunduh juga sehingga bisa didiskusikan secara langsung," ucap Iwan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Jawa Tengah, Yuni Ambarwati menuturkan antusiasmenya akan seleksi ini. 

Ia mengatakan, seleksi calon Guru ASN PPPK diharapkan dapat menyelesaikan masalah kekurangan guru yang selama ini diisi oleh guru-guru honorer.

Yuni juga berharap, seleksi calon guru ini menjadi "angin segar" bagi para guru honorer. Selain itu, ia menilai kebijakan tersebut akan meningkatkan kesejahteraan bagi para guru dan dapat memberikan perlindungan kerja bagi guru.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X