Kompas.com - 06/03/2021, 10:49 WIB
BPDPKS memberikan beasiswa kepada 1.950 mahasiswa D1 atau setara, D3 dan D4 yang menjalani pendidikan vokasional pada AKPY ? STIPER (Yogyakarta), Politeknik LPP Yogyakarta, Politeknik Citra Widya Edukasi (Bekasi), Politeknik Kampar (Kampar-Riau), dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (Medan). Dok. AlpensiBPDPKS memberikan beasiswa kepada 1.950 mahasiswa D1 atau setara, D3 dan D4 yang menjalani pendidikan vokasional pada AKPY ? STIPER (Yogyakarta), Politeknik LPP Yogyakarta, Politeknik Citra Widya Edukasi (Bekasi), Politeknik Kampar (Kampar-Riau), dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (Medan).
|

KOMPAS.com - Usai lulus dari SLTA, pilihannya ada dua. Yakni lanjut kuliah atau langsung bekerja. Jika kuliah, tentu masih ada dua pilihan lagi.

Apa itu? Tentu calon mahasiswa harus paham mau menentukan kuliah di jenjang Sarjana (S1) atau Vokasi (Diploma).

Jika kamu ternyata ingin buru-buru cepat bekerja, maka pilihannya bisa ambil pendidikan tinggi vokasi.

Melansir akun Instagram Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi & Profesi, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbud, Jumat (5/3/2021), ini penjelasannya.

Baca juga: Mahasiswa, Yuk Pahami Apa Itu Tridarma Perguruan Tinggi

Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu.

Adapun pendidikan vokasi meliputi pendidikan Diploma:

  1. Diploma 1
  2. Diploma 2
  3. Diploma 3
  4. Diploma 4 (setara pendidikan S1)

Bagi lulusan Pendidikan Vokasi, gelar yang akan didapatkan didapatkan diantaranya:

1. Lulusan D1: Ahli Pratama (A.P)

2. Lulusan D2: Ahli Muda (A.Ma)

3. Lulusan D3: Ahli Madya (A.Md)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X