Kompas.com - 18/03/2021, 12:52 WIB
Logo Unpad Dok. UnpadLogo Unpad

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) menyelenggarakan seleksi masuk Program Sarjana melalui Jalur Mandiri Prestasi bagi lulusan SMA/MA/SMK tahun kelulusan 2021.

Dilansir dari llaman resmi unpad.ac.id, pendaftaran seleksi masuk program Sarjana Jalur Prestasi Unpad sudah dibuka mulai Rabu 17 Maret - 15 April 2021 pukul 15.00 WIB.

Proses seleksi masuk program Sarjana Jalur Prestasi Unpad akan mempertimbangkan nilai akademik dan prestasi atau penghargaan yang diperoleh siswa di bidang sains, olahraga, dan seni.

Selain itu, pendaftar juga wajib mengikuti seleksi nasional Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 yang pendaftarannya sudah dibuka sejak 15 Maret lalu.

Baca juga: 22 Jurusan Unpad Miliki Daya Tampung Banyak di SBMPTN 2021

Syarat khusus

Adapun, syarat khusus seleksi masuk program Sarjana Jalur Prestasi Unpad adalah sebagai berikut:

1. Pendaftar merupakan 25 persen siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1–5 bagi lulusan SMA/MA/SMK (khusus pendaftar prestasi sains) yang ditunjukkan dengan rapor asli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Pendaftar klaster seni bidang orkestra/seni musik/paduan suara/seni tarik suara wajib memiliki kemampuan membaca partitur yang ditunjukkan dengan sertifikat asli.

3. Memiliki prestasi minimal juara III dalam kompetisi seni, budaya, sains, olahraga, serta kompetisi lainnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seperti:

  • Olimpiade sains tingkat provinsi, nasional atau internasional yang meliputi bidang matematika, kebumian, fisika, geografi, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, dan ekonomi
  • Atau, Festival dan lomba seni siswa tingkat provinsi atau nasional, Olimpiade penelitian siswa Indonesia, Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI).
  • Selain itu juga Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI), National Schools Debating Championship (NSDC), dan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional.

4. Memiliki prestasi juara I di bidang seni dan olahraga di tingkat provinsi dan atau minimal juara III dalam kejuaraan tingkat nasional atau internasional. Kejuaraan merupakan kegiatan resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, pemerintah pusat atau lembaga internasional yang bereputasi.

5. Memiliki prestasi sebagai penghafal kitab suci.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.