Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Buka Pendaftaran Seleksi Program Sarjana Jalur Prestasi 2021

Kompas.com - 18/03/2021, 12:52 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) menyelenggarakan seleksi masuk Program Sarjana melalui Jalur Mandiri Prestasi bagi lulusan SMA/MA/SMK tahun kelulusan 2021.

Dilansir dari llaman resmi unpad.ac.id, pendaftaran seleksi masuk program Sarjana Jalur Prestasi Unpad sudah dibuka mulai Rabu 17 Maret - 15 April 2021 pukul 15.00 WIB.

Proses seleksi masuk program Sarjana Jalur Prestasi Unpad akan mempertimbangkan nilai akademik dan prestasi atau penghargaan yang diperoleh siswa di bidang sains, olahraga, dan seni.

Selain itu, pendaftar juga wajib mengikuti seleksi nasional Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 yang pendaftarannya sudah dibuka sejak 15 Maret lalu.

Baca juga: 22 Jurusan Unpad Miliki Daya Tampung Banyak di SBMPTN 2021

Syarat khusus

Adapun, syarat khusus seleksi masuk program Sarjana Jalur Prestasi Unpad adalah sebagai berikut:

1. Pendaftar merupakan 25 persen siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1–5 bagi lulusan SMA/MA/SMK (khusus pendaftar prestasi sains) yang ditunjukkan dengan rapor asli.

2. Pendaftar klaster seni bidang orkestra/seni musik/paduan suara/seni tarik suara wajib memiliki kemampuan membaca partitur yang ditunjukkan dengan sertifikat asli.

3. Memiliki prestasi minimal juara III dalam kompetisi seni, budaya, sains, olahraga, serta kompetisi lainnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seperti:

  • Olimpiade sains tingkat provinsi, nasional atau internasional yang meliputi bidang matematika, kebumian, fisika, geografi, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, dan ekonomi
  • Atau, Festival dan lomba seni siswa tingkat provinsi atau nasional, Olimpiade penelitian siswa Indonesia, Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI).
  • Selain itu juga Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI), National Schools Debating Championship (NSDC), dan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional.

4. Memiliki prestasi juara I di bidang seni dan olahraga di tingkat provinsi dan atau minimal juara III dalam kejuaraan tingkat nasional atau internasional. Kejuaraan merupakan kegiatan resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, pemerintah pusat atau lembaga internasional yang bereputasi.

5. Memiliki prestasi sebagai penghafal kitab suci.

6. Melampirkan surat pernyataan kesanggupan akan aktif di UKM.

7. Menyerahkan dokumen/ video portofolio kegiatan/ prestasi.

Prosedur pendaftaran

Prosedur pendaftaran seleksi masuk program Sarjana Jalur Prestasi Unpad adalah sebagai berikut:

1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju.

2. Mendaftar dan mengisi data secara online di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dengan cara mengisi informasi sebagai berikut:

  • Nama lengkap
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Alamat e-mail
  • Nomor ponsel aktif
  • Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP
  • Data Kewarganegaraan (country of citizenship)

3. Mengunggah (upload) dokumen asli sebagai berikut:

  • Nilai rapor SMA/MA/SMK pada semester 1–5
  • Surat rekomendasi Kepala Sekolah yang menyatakan prestasi siswa yang mendaftar. (Unduh surat rekomendasi untuk: kategori Olahraga dan Seni, serta kategori Sains)
  • Sertifikat asli prestasi peserta
  • Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm
  • Surat pernyataan kesanggupan akan aktif di Unit Kegiatan Kemahasiswaan. (Unduh)
  • Dokumen/ video portofolio kegiatan/prestasi
  • Kartu Tanda Penduduk
  • Kartu Keluarga
  • Data yang diisi serta dokumen yang diunggah setiap peserta akan diverifikasi oleh panitia seleksi. Dokumen yang dinyatakan tidak valid dapat diperbaiki oleh peserta, selama masih dalam masa pengisian data.

Peserta kemudian membayar biaya pendaftaran ke perbankan yang ditunjuk Unpad sebesar Rp 250.000. Agar bisa membayar, peserta harus mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran daring.

Baca juga: Daya Tampung 43 Prodi Soshum UNJ di SBMPTN 2021, Berikut Peminat 2020

Selanjutnya, peserta dipersilakan mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login

Jadwal pendaftaran

  • Masa pendaftaran, pengisian data, unggah dokumen persyaratan dan finalisasi pendaftaran: 17 Maret 2021 - 15 April 2021 pukul 15.00 WIB.
  • Masa pembayaran biaya pendaftaran: 17 Maret 2021 - 15 April 2021 pukul 15.00 WIB.
  • Pengumuman seleksi masuk program Sarjana Jalur Prestasi Unpad akan dibuka pada 18 Juni 2021.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com