Kompas.com - 20/03/2021, 12:47 WIB
Ilustrasi Mendongeng Dok. PixabayIlustrasi Mendongeng
|

KOMPAS.com - Sebagai orangtua, tentu pernah membacakan dongeng sebelum tidur atau bernyanyi bersama anak.

Kegiatan ini selain bisa meningkatkan bonding atau ikatan antara orangtua dengan anak juga mendatangkan banyak manfaat lain bagi tumbuh kembang si kecil. Salah satunya adalah anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan percaya diri.

Merangkum laman anggunpaud.kemdikbud.go.id, di usia dini (0-6 tahun) atau biasa disebut masa keemasan karena otak mengalami perkembangan yang sangat pesat atau eksplosif.

Dari penelitian yang dilakukan para ahli neurologi menemukan fakta, saat lahir, otak bayi mengandung 100-200 miliar neuron atau sel saraf yang siap melakukan sambungan antarsel.

Sekitar 50 persen kapasitas kecerdasan manusia telah terjadi saat usia 4 tahun, 80 persen telah terjadi pada usia 8 tahun, dan mencapai 100 persen ketika berusia 8 hingga 18 tahun.

Baca juga: Kenalkan Konsep Ekonomi pada Anak dengan 5 Permainan Ini

Menurut Pakar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Rusilowati Effendi, kegiatan mendongeng dan bermusik merupakan bentuk stimulasi yang harus kerap diberikan kepada anak secara konsisten.

"Kegiatan ini dipercaya berhubungan dengan kemampuan bahasa dan kepandaian," kata Rusilowati seperti dikutip dari laman anggunpaud.kemdikbud.go.id, Sabtu (20/3/2021) .

Dari beberapa literatur, kegiatan mendongeng dan bernyanyi mempunyai banyak manfaat, antara lain:

1. Mengembangkan kecerdasan bahasa

Seiring berkembangnya usia anak, dia akan belajar banyak kosakata, frasa, dan kalimat baru dari cerita yang orangtua bacakan. Hal ini bermanfaat untuk melatih kemampuan komunikasinya dengan orang lain.

2. Mengasah ketajaman memori

Melalui kegiatan bercerita, anak akan berlatih mengingat karakter, alur cerita, tempat, dan sebagainya. Usai mendongeng, orangtua bisa mencoba menanyakan kembali isi cerita atau meminta anak menceritakannya ulang apa yang ia dengar.

Baca juga: Ajarkan Anak agar Mau Berbagi dengan 5 Langkah Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X