Orangtua, Membacakan Dongeng pada Anak Ada Tipsnya Lho...

Kompas.com - 24/03/2020, 06:00 WIB
membacakan dongeng shutterstockmembacakan dongeng
|

KOMPAS.com - Membacakan dongeng pada anak usia dini tentu tidak mudah. Selain bisa membawakan cerita seperti aslinya, orangtua yang membacakan juga harus memahami beberapa hal.

Jadi, membacakan dongeng pada anak itu tidak mudah. Ada tips tersendiri agar anak bisa paham, senang, dan terhibur dengan cerita dari dongeng itu.

Bagi orangtua, berikut ini tips membacakan dongeng bersama anak yang dirangkum dari laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud RI.

Baca juga: Orangtua, Ini Link dan Bahan Ajar Anak PAUD dari Kemendikbud

Hal ini diharapkan dapat membantu para orangtua yang saat ini menjalankan peran ganda sebagai orangtua sekaligus guru di rumah. Mengingat banyak siswa yang diliburkan karena dampak virus corona di Indonesia (kebijakan pemerintah bagi siswa agar belajar di rumah).

3 cara memegang buku

Ketika membaca cerita bersama anak, orangtua sebaiknya:

1. Memegang buku sedemikian rupa sehingga anak Anda dapat melihat setiap gambar pada setiap halaman buku. Berikan waktu sejenak untuk anak melihat gambar dengan jelas sebelum beralih ke halaman berikutnya.

2. Gunakan jari Anda dan gerakkan jari sepanjang kata-kata yang ada pada halaman buku ketika Anda membaca dengan suara. Cara ini dapat membantu anak melihat setiap cetakan huruf yang diucapkan. Jadi anak juga bisa belajar mengenal huruf.

3. Tunjukkan bagian-bagian penting dari buku, seperti pengarang, ilustrator, dan halaman buku.

Namun jika menggunakan tablet atau smartphone, maka caranya juga sama. Yang penting anak bisa melihat gambarnya dengan jelas.

Diskusikan cerita bersama anak

Jika sudah selesai, maka berikan pertanyaan kepada anak-anak terkait cerita yang sedang dibacakan. Tentu pertanyaan ini menolong anak mempelajari keterampilan berpikir kritis.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X