Kompas.com - 24/03/2021, 10:26 WIB

KOMPAS.com - Dunia fashion menjadi salah satu ruang yang dipenuhi dengan kreativitas. Para fashion desainer bisa menumpahkan ide kreasi mereka dalam bentuk karya busana atau pelengkap fashion lainnya.

Perkembangan dunia fashion juga selalu memberikan kejutan. Pengikut tren fashion juga selalu banyak dari masa ke masa. Tak ayal lagi, profesi fashion desainer juga makin menjamur.

Apalagi jika para fashion desainer bisa membuat karya yang otentik dan unik pasti akan digemari pecinta mode.

Baca juga: KIP Kuliah untuk SBMPTN 2021: Cara Daftar dan Besar Dana Bantuan

Meski menjadi fashion desainer bisa dipelajari secara otodidak, ada pula pendidikan khusus yang bisa menjadi sarana pelajar yang mempunyai bakat dan minat di dunia fashion.

Di jenjang pendidikan tinggi, ada beberapa perguruan tinggi yang memiliki program S1 pendidikan fashion atau tata busana. Bagi kalian yang tertarik menekuni dunia fashion, yuk simak perguruan tinggi mana saja sih, daya tampung prodi fashion dan peminat dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Merangkum dari laman LTMPT berikut perguruan tinggi negeri yang memiliki prodi di bidang fashion desainer, daya tampung dan peminat di SBMPTN 2020.

1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Di UNJ ada prodi Pendidikan Vokasional Desain Fashion yang memiliki daya tampung 23 di SBMPTN 2021.

Sedangkan di SBMPTN 2020, prodi Pendidikan Vokasional Desain Fashion peminatnya sebanyak 603 orang.

Baca juga: 3 Jalur Masuk UI Ini Tawarkan Beasiswa dan Penyesuaian Biaya Kuliah

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung

Di UPI Bandung memiliki prodi Pendidikan Tata Busana. Prodi ini memiliki daya tampung SBMPTN 2021 sebanyak 30 kursi dan peminatnya di SBMPTN 2020 cukup tinggi sebanyak 594 orang.

3. Universitas Negeri Malang (UM)

Di Universitas Negeri Malang memiliki prodi Pendidikan Tata Busana. Prodi ini memiliki daya tampung SBMPTN 2021 sebanyak 27kursi dan peminatnya di SBMPTN 2020 cukup tinggi sebanyak 454 orang.

Baca juga: PT Novell Pharmaceutical Buka Lowongan bagi SMK, D3 dan Fresh Graduate

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.