Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalbis Institute Gandeng APRA Jadi Patner Akademik Program Magister Manajemen

Kompas.com - 25/03/2021, 21:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Meski bisnis ritel menjadi salah satu industri yang terpuruk sebagai dampak pandemi global Covid-19, banyak pengusaha optimis pertumbuhan industri ini akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Faktor utama yang bisa mengangkat prospek ekonomi pada tahun depan ada dua yaitu, pandemi covid-19 yang semakin terkendali dengan adanya vaksin dan pemulihan daya beli konsumen.

Dikutip dari Kontan (26/3/2021), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) optimistis pertumbuhan bisnis ritel tahun 2021 akan lebih baik dari tahun 2020. Apalagi setelah masuknya vaksin dan dipergunakan di masyarakat.

"Sektor retail berharap bisa tumbuh di angka 4-4,5% dapat terjadi di 2021,” ujar Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey.

Kesiapan bisnis ritel untuk kembali bangkit ditangkap Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis atau yang lebih dikenal dengan Kalbis Institute dalam makin menyiapkan lulusannya agar menjadi SDM unggul tidak hanya dari sisi pengetahuan namun juga kompetensi.

Terkait hal itu, Kalbis Institute menggandeng Asia Pasifik Retailing Academy (APRA) menjalin kerja sama (23/3/2021) untuk saling mendukung dan melakukan pengembangan dalam hal akademik khusus di program magister manajemen Kalbis Institute.

Nantinya APRA akan hadir sebagai academic partner dari Kalbis dalam pengembangan, penyampaian, serta mengelola komponen retail program MM (Magister Manajemen) Kalbis Institute.

Tidak hanya itu, modul modul yang digunakan di MM in Retail Kalbis Institute juga turut dikembangkan oleh Asia Pasifik Retail Academy.

Baca juga: Binus Education Expo 2021, Bantu Calon Mahasiswa Pilih Jurusan hingga Beasiswa

 

Melalui rilis resmi (25/3/2021), Raymond Christantyo, Brand Communications Manager Kalbis Institute menjelaskan, program kerjasama merupakan kombinasi yang unik dari berbagai ilmu manajemen secara khusus dalam manajemen retail.

"Program ini pula diperuntukan untuk setiap orang memiliki kesempatan berkarir yang lebih baik sebagai eksekutif di bidang industri retail dan perdagangan," ungkap Raymond.

Ia mengatakan, pihaknya sebagai corporate based university secara berkala terus mengembangkan program, modul, kurikulum, serta mitra strategisnya dalam rangka peningkatan kualitas lulusannya.

"Khusus di program MM in Retail Kalbis Institute, peran APRA menjadi sangat penting untuk kami, terlebih hal ini dikombinasikan dengan dosen dosen yang mengajar tidak hanya dari Kalbis, namun juga dari beberapa praktisi khususnya di bidang retail," ungkap Raymond.

"Hal ini jelas menjadi keuntungan besar bagi para mahasiswa, karena dengan begitu mereka mampu belajar secara langsung dari para pelaku di dunia industri, dan Kalbis siap memberikan layanan terbaik untuk hal itu," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com