Kompas.com - 26/03/2021, 12:42 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19. FreepikIlustrasi virus corona, Covid-19.

KOMPAS.com - Lebih dari satu tahun masyarakat dunia berhadapan dengan Covid-19. Namun, di satu sisi masih banyak informasi yang justru menyesatkan.

Atau bisa dibilang, ada banyak kabar bohong atau hoaks seputar virus SARS Cov-2 ini. Adanya disinformasi tersebut banyak menimbulkan kebingungan di masyarakat.

Pakar Alergi Imunologi, Deshinta Putra Mulya, dan Pakar Pulmonologi, Ika Trisnawati dari Universitas Gadjah Mada (UGM) mengatakan banyak bermunculan hoaks seputar vaksin di tengah pelaksanaan program vaksinasi nasional Covid-19. Apa saja kabar kebohongan tentang vaksin? berikut rangkumannya:

1. Vaksin Covid-19 membahayakan

Ia menegaskan jika hal tersebut tidak tepat, sebab dalam pembuatan vaksin telah melalui serangkaian penelitian panjang baik untuk melihat kemampuan membentuk antibodi, efek samping, hingga efikasi.

"Jadi, pernyataan vaksin Covid-19 berpotensi membahayakan itu tidak benar karena sudah melalui penelitian yang panjang dan setelah diberikanpun dilakukan observasi lagi," ujar Pakar Alergi Imunologi, Deshinta Putra Mulya, saat menjadi pemateri di webinar bertajuk Mitos Vs Fakta Seputar Covid-19: Pencegahan, Vaksin, Diagnosis, dan Terapi pada Rabu (24/3/2021) oleh Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM.

2. Vaksin moderna dirancang untuk mengubah DNA manusia dan vaksin Covid-19 memiliki chip untuk melacak orang

"Tidak benar vaksin Covid-19 ada chipnya, tidak bisa chip dimasukan melalui injeksi," tutur Deshinta.

Baca juga: Pakar UGM: Sekolah Tatap Muka Lebih Menguntungkan

3. Vaksin Covid-19 telah bermutasi menjadi ribuan Covid-19 baru di seluruh dunia

Deshinta menjelaskan jika hal tersebut tidak benar, sebab virus Covid-19 dalam vaksin telah dimatikan sehingga tidak akan menimbulkan mutasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X