Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulap Makanan Tradisional Sekelas Chef Lewat Buku Ini

Kompas.com - 10/04/2021, 13:08 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

Penulis: Ester Ratih Dwihapsari, Product Specialist Gramedia Pustaka Utama

KOMPAS.com - Kalau menyebut berapa banyak jenis masakan Nusantara, pasti sulit. Karena jumlahnya sangat banyak dan jenis masakannya pun beraneka ragam.

Dari satu daerah, misalnya Jawa saja bisa terbagi puluhan menu makanan. Ada Lontong balap dan Kupang dari Jawa Timur, ada Soto Kudus dan Lumpia dari Jawa Tengah, bahkan di Jawa Barat juga ada menu yang berbeda pula. Misalnya, Batagor dan Peuyeum.

Sama halnya jika berkunjung ke Sumatera, Sulawesi, Kalimantan hingga Papua, makanannya pun bisa berbeda antar satu kota dengan kota lain.

Baca juga: Belajar Mengenal Obat-obatan di Buku Why? Medication and Treatment

Tak heran, Indonesia dikenal sebagai 1.001 kuliner. Karena mau makanan berat, camilan, minuman, di berbagai daerah sama lezatnya dan sangat unik untuk dicoba.

Bentuk dan rasanya unik bahkan terkenal sampai ke mancanegara. Misalnya, rendang yang dinobatkan sebagai makanan terenak di Dunia atau rawon yang digemari masyarakat Eropa. Bahkan nasi goreng pun ada lagunya sendiri di Belanda.

Namun, seringkali sajian dari makanan tradisional yang biasanya cenderung apa adanya, membuat penganan ini kurang padu bila dibandingkan dengan sederet makanan Internasional dengan bentuk dan hiasan yang lebih variatif.

Perlu sentuhan sentuhan modern di satu sajian tradisional agar semakin menarik dan menggoda mata.

Ada salah satu Chef di Indonesia, Chef Theodorus Setyo, yang telah berkarir lebih dari 20 tahun secara nasional dan internasional memiliki minat besar di makanan tradisional Indonesia.

Rasa cintanya pada makanan khas nusantara dan keinginannya membuat makanan tradisional Indonesia bisa bersanding dengan makanan luar, dia sedikit melakukan modifikasi untuk penyajian makanan tradisional.

Melalui keahlian, kreativitas dan pengalamannya, ia meracik aneka menu Nusantara dan kini semua masyarakat Indonesia bisa ikut menjajal teknik ala chef di dalam satu buku kuliner.

Buku Indonesia Modern Food menyajikan mulai dari cara mengolah bumbu dasar yang akan digunakan dalam membuat 60 resep makanan tradisional khas Nusantara, dan menyajikannya dengan cara yang modern.

Baca juga: Yuk Mengenal Leonardo da Vinci di Buku Why People? Leonardo da Vinci

Hasilnya akan semakin memanjakan lidah dan mata setiap orang yang akan menyantapnya. Resep-resep pilihan dari seluruh daerah di Nusantara tersaji lengkap di dalam buku ini mulai dari bakwan jagung, sate pentol ayam lilit hingga tempura ikan saus woku belangga.

Mengemas makanan Indonesia di atas piring seperti pelukis menuangkan ide di atas kanvas, sehingga makanan Nusantara bisa tampil cantik dalam penyajiannya dan mempunyai nilai seni tinggi.

Penasaran? Cek di sini: https://www.gramedia.com/products/indonesian-modern-food-60-resep-masakan-citarasa-indonesia-modern

Promo Survei GramediaDOK. Gramedia Promo Survei Gramedia

Pengen beli buku/komik ini tetapi dompet tetap aman? Klik ini: http://bit.ly/voucher_artikel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com