Kompas.com - 10/04/2021, 13:08 WIB
Indonesian Modern Food memuat 60 resep andalan  Chef Theodorus Setyo DOK. GramediaIndonesian Modern Food memuat 60 resep andalan Chef Theodorus Setyo

Penulis: Ester Ratih Dwihapsari, Product Specialist Gramedia Pustaka Utama

KOMPAS.com - Kalau menyebut berapa banyak jenis masakan Nusantara, pasti sulit. Karena jumlahnya sangat banyak dan jenis masakannya pun beraneka ragam.

Dari satu daerah, misalnya Jawa saja bisa terbagi puluhan menu makanan. Ada Lontong balap dan Kupang dari Jawa Timur, ada Soto Kudus dan Lumpia dari Jawa Tengah, bahkan di Jawa Barat juga ada menu yang berbeda pula. Misalnya, Batagor dan Peuyeum.

Sama halnya jika berkunjung ke Sumatera, Sulawesi, Kalimantan hingga Papua, makanannya pun bisa berbeda antar satu kota dengan kota lain.

Baca juga: Belajar Mengenal Obat-obatan di Buku Why? Medication and Treatment

Tak heran, Indonesia dikenal sebagai 1.001 kuliner. Karena mau makanan berat, camilan, minuman, di berbagai daerah sama lezatnya dan sangat unik untuk dicoba.

Bentuk dan rasanya unik bahkan terkenal sampai ke mancanegara. Misalnya, rendang yang dinobatkan sebagai makanan terenak di Dunia atau rawon yang digemari masyarakat Eropa. Bahkan nasi goreng pun ada lagunya sendiri di Belanda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, seringkali sajian dari makanan tradisional yang biasanya cenderung apa adanya, membuat penganan ini kurang padu bila dibandingkan dengan sederet makanan Internasional dengan bentuk dan hiasan yang lebih variatif.

Perlu sentuhan sentuhan modern di satu sajian tradisional agar semakin menarik dan menggoda mata.

Ada salah satu Chef di Indonesia, Chef Theodorus Setyo, yang telah berkarir lebih dari 20 tahun secara nasional dan internasional memiliki minat besar di makanan tradisional Indonesia.

Rasa cintanya pada makanan khas nusantara dan keinginannya membuat makanan tradisional Indonesia bisa bersanding dengan makanan luar, dia sedikit melakukan modifikasi untuk penyajian makanan tradisional.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.