Kompas.com - 18/04/2021, 13:48 WIB
Ilustrasi olahraga mengenakan masker shutterstockIlustrasi olahraga mengenakan masker

KOMPAS.com - Puasa Ramadhan 2021 harusnya diisi aktivitas yang seru agar tubuh tidak bermalas-malasan.

Tidak ada alasan untuk berhenti beraktivitas fisik selama puasa. Selama dilakukan dengan tepat, ada banyak ragam aktivitas yang bisa dicoba selama puasa. Salah satunya, adalah berolahraga.

Meski demikian, tak sedikit orang yang ragu berolahraga selama Puasa Ramadhan, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Menurut Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) Bambang Purwanto, berolahraga selama puasa Ramadhan dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga: Tips Mudah Ingat Soal UTBK dengan Konsep Belajar Ini

"Kuncinya ada di pengaturan keseimbangan energi dan aktivitas. Menjalankan puasa dan shalat tarawih sebagai aktivitas fisik saja kalau rutin dilakukan 30 hari, imunitas pasti naik," ungkap Bambang, dilansir dari laman unair.ac.id.

Alumnus Unair itu mengungkapkan, banyak manfaat yang didapat ketika berolahraga. Di antaranya, mengembalikan keseimbangan metabolisme hingga merawat kesehatan reproduksi.

Jika tepat, lanjut Bambang, olahraga juga dapat menguatkan jantung. Terutama, mengembalikan stabilitas tekanan darah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walau begitu, perlu persiapan yang baik sebelum melakukan aktivitas fisik selama puasa Ramadhan. Misalnya, memperhatikan jumlah asupan nutrisi dan jenis olahraga yang dilakukan.

Baca juga: Pakar Gizi UGM: 5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Asupan nutrisi

Sebelum mulai berolahraga, Bambang menegaskan agar memerhatikan keseimbangan antara jumlah asupan nutrisi dengan aktivitas fisik yang akan dijalani. Sebab, tubuh harus tetap memiliki keseimbangan antara apa yang didapat dan dikeluarkan.

"Kalau memang besok misalnya ingin berolahraga, ya malam ini mulai dari buka sampai sahur kalau bisa asupan makan ditambah," tutur Bambang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X