Kompas.com - 18/04/2021, 14:00 WIB
Salah satu prodi yang ada di Institut Teknologi Sumatera (Itera) adalah Sains Atmosfer dan Keplanetan. Tangkap layar laman IteraSalah satu prodi yang ada di Institut Teknologi Sumatera (Itera) adalah Sains Atmosfer dan Keplanetan.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Jika kamu tertarik melakukan observasi tentang planet, tata surya dan seluk beluk luar angksasa, jurusan ini bisa jadi pertimbangan.

Salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di pulau Sumatera ternyata punya jurusan yang mempelajari tentang hal tersebut.

Baca juga: Besok Ada Fenomena Astronomi Langka, Begini Penjelasan Pakar Itera

Program studi Sains Atmosfer dan Keplanetan merupakan salah satu prodi yang dimiliki Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Prodi ini memiliki fokus kajian pada bidang ilmu sains atmosfer dan astrofisika. Sains Atmosfer mengkaji atmosfer antariksa dekat yang mempelajari perilaku atmosfer terhadap perubahan cuaca dan iklim di Bumi. 

Dalam jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Sains Atmosfer dan Keplanetan memiliki daya tampung sebanyak 59 kursi. Sedangkan peminat SBMPTN 2020 sebanyak 106 orang.

Sedangkan jumlah calon mahasiswa yang akan diterima di jalur Mandiri sebanyak 10 persen dari kuota keseluruhan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itera tahun 2021.

Baca juga: Psikolog UGM: Rentan Di-bully, Jangan Beri Stigma Bodoh Anak Disleksia

Apa itu Sains Atmosfer dan Keplanetan

Merangkum dari laman itera.ac.id, program studi ini juga mengkaji tentang atmosfer antariksa jauh yang mempelajari interaksi antara Matahari terhadap Bumi dan planet-planet lainnya dalam sistem Tata Surya.

Pada program studi Sains Atmosfer dan Keplanetan, mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan komprehensif mengenai fenomena-fenomena yang terjadi di atmosfer dan ruang angkasa.

Jika tertarik memilih jurusan ini, paling tidak kamu harus menguasai pelajaran-pelajaran eksakta seperti matematika, fisika, dan kimia.

Teknologi dewasa ini telah mencapai era yang disebut dengan space age.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X