Kompas.com - 19/04/2021, 11:15 WIB
Universitas Prof. DR. Hamka atau Uhamka menggelar kegiatan Gebyar Ramadhan 2021 dengan 13 (tiga belas) bidang perlombaan DOK. UHAMKAUniversitas Prof. DR. Hamka atau Uhamka menggelar kegiatan Gebyar Ramadhan 2021 dengan 13 (tiga belas) bidang perlombaan

KOMPAS.com - Ramadhan dapat menjadi momen penguatan berbagai karakter baik, meski pembelajaran masih dilakukan secara daring. Bagi pendidikan tinggi, pendidikan karakter religius di bulan Ramadhan ini dapat dilakukan dengan beragam cara, termasuk lewat kompetisi.

Terkait hal itu, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka atau Uhamka menggelar kegiatan "Gebyar Ramadhan 2021" dengan 13 (tiga belas) bidang perlombaan diantaranya Hifdzil Qur’an, Adzan, Ceramah, Risalah Buya Hamka, Mendongeng, Marawis, Meme Kreatif, Video Dokumenter, Tartil Qur’an, Karya Tulis Ilmiah, Nasyid, MTQ, Lagu dan Islami Solo.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang biasa dilakukan Uhamka di setiap Bulan Ramadhan.

Sedikit berbeda, di tengah masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan dilakukan secara daring guna mencegah sebaran virus. Acara akan melibatkan jenjang sekolah hingga universitas baik di dalam maupun luar negeri, termasuk mengundang partisipan dari Malaysia.

Baca juga: Ini Olahraga yang Cocok Saat Puasa Ramadhan ala Pakar UGM

Harmoni Islam dan kebudayaan

“Alhamdulillah, Uhamka sebagai lembaga dakwah di bidang pendidikan melalui LPP AIK Uhamka ini akan terselenggara Gebyar Ramadhan yang dimeriahkan dengan 13 (tiga belas) mata lomba," ungkap Prof. Gunawan Suryoputro, Rektor Uhamka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Prof. Gunawan menambahkan, "dan bersyukurnya lagi peserta dalam kegiatan ini mencapai lebih dari 900 peserta lebih banyak dibandingkan dari kegitan tahun lalu dan tahun inipun pesertanya ada dari Luar Negeri yaitu negri Malaysia."

Rektor Uhamka menyampaikan kegiatan ini sudah masuk sebagai perlombaan internasional dan berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi gerakan dakwah Muhammadiyah melalui kampus Uhamka.

Dwi Fajri selaku Ketua LPP AIK, penyelenggaraan kegiatan, mengungkapkan peserta perlombaan juga menjalin kerja sama dengan Universiti Sains Islam Malaysia.

"Bismillah. Ana, tertarik untuk join program Gebyar ini untuk menyerekan (menyebarkan) silaturahin antara Malaysia dengan Indonesia dan ingin mengenali pihak Universitas Uhamka macam mana (bagaimana) dan teringin untuk belajar di sana,” ujar Marwan Rosli, perwakilan Universiti Sains Islam Malaysia.

Rektor Uhamka, Prof. Gunawan menyampaikan Gebyar Ramadhan ini merupakan bagian dari kontribusi nyata bagi kemajuan budaya yang tak terpisahkan dari visi Uhamka pada tahun 2024 yaitu menjadi Propethic Teaching University.

Ia menyampaikan, Uhamka mengemban misi mencerdaskan secara spiritual, intelektual, emosional dan sosial. "Jadi, Uhamka memiliki visi yang mulia yaitu universitas yang mengembangkan pembelajaran berbasis profetik," tegasnya.

"Kegiatan Gebyar Ramadan ini merupakan upaya menyemarakkan Ramadhan, juga merupakan penegasan tentang harmoni Islam dan kebudayaan. Di mana Islam memberikan ruang cipta rasa dan karsa," pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X