Kompas.com - 20/04/2021, 08:34 WIB
Ilustrasi ujian tertulis ThinkstockIlustrasi ujian tertulis
|

KOMPAS.com - Bagi para lulusan baru (fresh graduate), pasti masih semangat dalam mencari pekerjaan. Tentu hal ini demi mengejar cita-cita.

Tetapi ketika lulus kuliah, seseorang belum tentu memiliki bekal untuk melamar pekerjaan. Selain tes wawancara, adapula psikotes yang harus dijalani.

Bahkan tak jarang fresh graduate pernah mengalami gagal dalam tes psikotes. Psikotes terkadang menjadi momok tersendiri bagi pelamar kerja.

Baca juga: Webinar UPN Jogja Bagikan 6 Tips Lolos Psikotes

Pada kenyataannya, banyak orang yang kesulitan dalam hal ini sehingga mereka gagal dalam tes psikotes.

Sebab, saat ini sebagian besar perusahaan menerapkan tes psikotes untuk mengukur sejauh mana kemampuan calon karyawannya. Untuk itu, diperlukan persiapan yang matang agar calon karyawan sukses dalam mengikuti psikotes.

Melansir laman UPN "Veteran" Yogyakarta (UPN Jogja), Desha Setiardi selaku praktisi Corporate HR dan pengembangan SDM yang juga alumni UPN Jogja memberikan penjelasannya dalam webinar di UPN Jogja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Desha yang selama ini berkecimpung menangani rekrutmen dan seleksi karyawan di bidang jasa, ritel, pendidikan, dan manufaktur memaparkan materi.

Adapun materinya tentang pentingnya pembelajaran psikotes dalam kehidupan terutama ketika hendak terjun di dunia kerja, strategi dan tips menghadapi psikotes.

Pada kesempatan itu, Desha menjelaskan 7 faktor kesalahan atau penyebab gagal psikotes yang sering terjadi:

1. Peserta psikotes datang terlambat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.