Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fresh Graduate, Simak 7 Faktor Penyebab Gagal Psikotes

Kompas.com - 20/04/2021, 08:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi para lulusan baru (fresh graduate), pasti masih semangat dalam mencari pekerjaan. Tentu hal ini demi mengejar cita-cita.

Tetapi ketika lulus kuliah, seseorang belum tentu memiliki bekal untuk melamar pekerjaan. Selain tes wawancara, adapula psikotes yang harus dijalani.

Bahkan tak jarang fresh graduate pernah mengalami gagal dalam tes psikotes. Psikotes terkadang menjadi momok tersendiri bagi pelamar kerja.

Baca juga: Webinar UPN Jogja Bagikan 6 Tips Lolos Psikotes

Pada kenyataannya, banyak orang yang kesulitan dalam hal ini sehingga mereka gagal dalam tes psikotes.

Sebab, saat ini sebagian besar perusahaan menerapkan tes psikotes untuk mengukur sejauh mana kemampuan calon karyawannya. Untuk itu, diperlukan persiapan yang matang agar calon karyawan sukses dalam mengikuti psikotes.

Melansir laman UPN "Veteran" Yogyakarta (UPN Jogja), Desha Setiardi selaku praktisi Corporate HR dan pengembangan SDM yang juga alumni UPN Jogja memberikan penjelasannya dalam webinar di UPN Jogja.

Desha yang selama ini berkecimpung menangani rekrutmen dan seleksi karyawan di bidang jasa, ritel, pendidikan, dan manufaktur memaparkan materi.

Adapun materinya tentang pentingnya pembelajaran psikotes dalam kehidupan terutama ketika hendak terjun di dunia kerja, strategi dan tips menghadapi psikotes.

Pada kesempatan itu, Desha menjelaskan 7 faktor kesalahan atau penyebab gagal psikotes yang sering terjadi:

1. Peserta psikotes datang terlambat

Datang terlambat membuat Anda panik dan terburu-buru. Tes psikotes terikat waktu, jika datang terlambat kemungkingan Anda tidak dapat menyelesaikan soal tepat waktu.

Baca juga: Webinar UNS: Tips Bangun Personal Branding bagi Pencari Kerja

2. Peserta psikotes kurang konsentrasi

Jika kurang konsentrasi dan fokus bisa dikarenakan stamina dan kesehatan yang tidak terjaga. Psikotes bukan hanya soal psikologi namun juga kesiapan jasmani.

"Siapkan kesehatan Anda, istirahat yang cukup supaya tidak mengantuk saat mengerjakan soal. Jangan lupa makanlah terlebih dahulu agar tidak kelaparan saat melakukan tes," terangnya.

3. Peserta psikotes panik dan gelisah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com