Kompas.com - 21/04/2021, 16:05 WIB
Ilustrasi ayam organik sehat. SHUTTERSTOCK/GOODBISHOPIlustrasi ayam organik sehat.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Lulusan perguruan tinggi saat ini, selain bisa bekerja di sektor industri juga didorong untuk berwirausaha. Saat menjadi wirausaha, diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas.

Salah satu sektor usaha yang menjanjikan karena selalu dibutuhkan masyarakat adalah sektor penyedia bahan makanan. Termasuk usaha peternakan ayam yang selalu dicari masyarakat. Baik telur dan dagingnya, semuanya punya konsumen yang cukup luas.

Dalam hal ini, sebagai penghasil sumber bahan pangan, khususnya protein, subsektor peternakan memerlukan banyak inovasi teknologi dalam budidaya.

Inovasi dan teknologi dalam sektor ini perlu dilakukan karena komoditas penghasil daging dan telur ini sangat penting untuk memenuhi asupan protein hewani masyarakat.

Baca juga: Lowongan Kerja Dosen Universitas Padjadjaran 2021, Simak Infonya

Kenali sifat umum ayam

Dosen Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Heru Sasongko mengatakan, ada dasar pengetahuan tentang ayam yang menjadi bekal saat peternak mengelola atau memelihara ayam. Misalnya mengenal sifat umum ayam.

"Dalam memelihara ayam kampung diperlukan cara pemeliharaan yang cermat, agar risiko kematian dapat dicegah," papar Heru seperti dikutip dari laman kagama.co, Rabu (21/4/2021)

Menurut Heru, fungsi dan kebutuhan pakan juga perlu dibedakan.

Baca juga: Kliring Penjaminan Efek Indonesia Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1

Hal ini tergantung pilihan usaha ayam kapung tersebut, apakah usaha pembesaran (ayam potong) atau usaha produksi telur.

Hal ini disampaikan Heru dalam acara webinar bertema Inovasi Teknologi dalam Budidaya Ayam Lokal. Serta memberikan gambaran mengenai industri ternak ayam di Indonesia dan strategi bisnisnya.

Perhatikan pakan, bibit ayam dan manajemen 

Dalam acara tersebut, praktisi peternakan Bambang Krista mengungkapkan, pengalamannya dalam budidaya ayam kampung.

Baca juga: Trakindo Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1 Fresh Graduate

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X