Kompas.com - 24/04/2021, 07:24 WIB
The Bespoke Fashion Consultant Indonesia merupakan fashion incubator yang mendampingi para wirausaha bidang fesyen. Dok TBF consultantThe Bespoke Fashion Consultant Indonesia merupakan fashion incubator yang mendampingi para wirausaha bidang fesyen.
|

KOMPAS.com - Setahun lebih ini masyarakat masih dibayang-bayangi Covid-19. Pandemi yang belum berakhir ini mengharuskan semua orang untuk tetap beraktivitas.

Terlebih di era kebiasaan baru, siswa maupun mahasiswa bahkan harus bersiap untuk mulai sekolah atau kuliah tatap muka dengan sistem blended learning.

Bagi mahasiswa, selama masa pandemi melakukan kegiatan perkuliahan melalui daring. Kejenuhan tentu dirasakan oleh sebagian mahasiswa.

Makanya, di masa era kebiasaan baru sangat penting untuk mengembangkan kompetensi, salah satunya dengan berwirausaha.

Baca juga: Webinar UNS: Tips Bangun Personal Branding bagi Pencari Kerja

Melansir laman Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Jumat (23/4/2021), Dr. H. Riduwan, S.E., M.Ag., selaku Kepala Kantor Urusan Bisnis dan Investasi (KUBI) UAD menyambut baik bagi mahasiswa yang ingin mandiri dalam berwirausaha.

Wirausaha jadi lahan subur

Menurutnya, wirausaha menjadi lahan subur bagi para mahasiswa dalam mengembangkan kompetensinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dijelaskan, membuka usaha tidak harus memiliki modal besar. Menjadi pengusaha tanpa modal pun bisa dilakukan asalkan mempunyai niat, keberanian, dan semangat.

"Jangan takut memulai usaha tanpa modal. Menjadi pedagang merupakan salah satu profesi yang dilakukan Nabi. Mulai saja dulu intinya jangan takut. Pasti akan ada jalan bagi orang yang mau berjuang,” ujar Riduwan.

Tentunya, di era serba digital ini, penguasaan akan media dan informasi menjadi penunjang kesuksesan dari berwirausaha.

Hanya bermodalkan gawai sudah dapat melakukan promosi produk dan omzet yang tinggi. Setiap bidang yang digeluti tentu penuh risiko.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.