Kompas.com - 27/04/2021, 13:38 WIB
Ilustrasi ayah dan anak shutterstockIlustrasi ayah dan anak
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam konstruksi gender tradisional, ranah domestik rumah tangga masih didominasi oleh perempuan.

Bahkan, meski peringatan emansipasi wanita telah berjalan berdekade lamanya, tuntutan perempuan untuk hadir sebagai satu-satunya pihak yang bertanggung jawab dalam pengasuhan anak nyatanya masih subur berkembang di masyarakat.

Baca juga: Guru Besar IPB: Tanaman Ini Pelancar ASI Buat Ibu-ibu

"Padahal, pola pengasuhan anak yang tepat seharusnya tidak hanya melibatkan ibu, tetapi juga ayah," ucap Pakar Psikologi Unair Ika Yuniar Cahyanti, dilansir dari laman Unair, Selasa (27/4/2021).

Menurut dia, peran seorang ayah sangat penting untuk membentuk beberapa pola pemikiran yang penting bagi masa depan anak.

Pertama, kehadiran figur ayah mendorong anak untuk mencoba hal-hal baru yang membentuk kemandirian.

Ika juga memercayai bahwa kehadiran lebih dari seorang ayah dalam pola pengasuhan akan membentuk pribadi anak yang lebih tangguh.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karakter ayah umumnya lebih imajinatif dan menyukai tantangan. Berbeda dengan karakter ibu yang cenderung lebih perhatian dan berhati-hati," jelas dia.

Ika mengaku, pola pengasuhan yang tepat adalah otoritatif atau seimbang.

Artinya, pengasuhan harus bersifat demokratis.

Di mana anak maupun orangtua saling mempraktikkan sikap saling bertanya, memberikan usulan, maupun menyampaikan pendapat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X