Kompas.com - 03/05/2021, 10:51 WIB
Ilustrasi lulusan perguruan tinggi susah cari kerja dan menjadi pengangguran ketika lulus ThinkstockIlustrasi lulusan perguruan tinggi susah cari kerja dan menjadi pengangguran ketika lulus
|

KOMPAS.com - Tugas seorang mahasiswa adalah belajar. Tak hanya di kampus, mahasiswa juga bisa mengembangkan skill-nya di mana saja.

Bahkan, ikut berorganisasi juga bisa menjadi nilai tambah sebagai mahasiswa. Hanya saja, mahasiswa harus bisa mengatur waktu antara kuliah dan berorganisasi.

Hal ini tentu untuk menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja usai lulus kuliah. Namun, apa yang harus dipersiapkan mahasiswa sejak duduk di bangku kuliah?

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Tips Perkuat Personal Branding Mencari Kerja

Dalam webinar gelaran Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dijelaskan mengenai konsep Grit.

Dengan konsep Grit

Melansir laman ITS, Sabtu (1/5/2021), Grit adalah sebuah konsep yang dapat menentukan kesuksesan guna membantu mahasiswanya mempersiapkan diri sebelum lulus.

Gawe ITS bertajuk "What Happens After University?" yang juga merupakan kolaborasi dengan TEA Production ini mengundang dua narasumber yang keduanya fokus menjelaskan konsep Grit, yaitu Aziz Agasi, HR Professional dari perusahaan Oil & Energy bernama BP yang berbasis di London, Inggris; dan Jose Jimenez selaku Well Engineering Manager TEA Production.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Aziz, faktor umum kesiapan kerja mahasiswa setelah lulus dari perguruan tinggi adalah:

  • kompetensi karier
  • sosial (social asset)
  • psikologis (psychological capital)

Lebih lanjut, tiga faktor kesiapan kerja ini didukung oleh konsep Grit atau kegigihan. "Namun, sangat disayangkan karena sering kali dianggap sepele oleh mahasiswa," ujar Aziz.

Baca juga: Mahasiswa Jogja, Perusahaan Ini Buka Lowongan Magang

Dalam kesiapan kerja, Konsep Grit merupakan suatu sikap manusia untuk tidak mudah menyerah atau memiliki daya juang yang tinggi untuk bertahan hidup, terutama bagi mahasiswa yang baru lulus dari perguruan tinggi.

Grit menjadikan individu dengan konsistensi minat yang tidak mudah goyah dalam setiap waktu apa pun tantangan atau hambatan yang dihadapi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X