Kompas.com - 07/05/2021, 13:49 WIB
IPB University Dok. IPBIPB University
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Profesor sebagai gelar akademik tertinggi, selaras pula dengan tanggungjawabnya yang tinggi terhadap bidang keilmuan yang didalami.

Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam agenda rutinnya, "Professor Insight" mengangkat kisah, perjuangan dan strategi menjadi guru besar.

Baca juga: Profesor IPB: Ini Penyebab Keracunan dari Makanan Siap Saji

Setidaknya ada empat profesor dari IPB yang memberikan tips menjadi guru besar.

Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan IPB, Prof. Agus Parwito mengatakan, naik pangkat menjadi guru besar adalah hak sekaligus kewajiban untuk seluruh dosen di IPB.

Jadi guru besar, kata dia, merupakan jabatan akademik tertinggi, sehingga semua dosen harus bisa meraihnya.

"IPB berusaha keras untuk mendorong seluruh dosennya untuk mengajukan naik pangkat," ungkap dia melansir laman IPB, Jumat (7/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Peternakan IPB, Prof. Ronny R Noor menuturkan, untuk meraih guru besar itu, kuncinya ada di penelitian.

Selain penelitian, hal lainnya adalah pengembangan networking.

"Penelitian itu tidak akan serta merta muncul tanpa ada networking yang baik. Dalam perjalanannya tentu tidak mulus, yang paling penting adalah boleh kecewa tapi jangan ngambek," jelas dia.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dewi Apri Astuti yang menjadi Guru Besar Fakultas Peternakan IPB juga menyampaikan tips dan trik sukses menjadi guru besar.

Baca juga: Profesor IPB: Lebih dari 200 Penyakit Ditularkan Lewat Makanan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X