Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Kisah Lain Putri Kaguya, Berbeda dari Naskah Lawasnya

Kompas.com - 12/04/2021, 11:01 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Penulis: Tari | Editor: Komik Elex Media Komputindo)

KOMPAS.com - Pada zaman dahulu, alkisah ada sosok perempuan cantik bernama Putri Kaguya yang hidup di Zaman Heian di Jepang dulu.

Putri Kaguya yang memiliki kecantikan tak tertandingi begitu menggemparkan masyarakat. Namun di tengah kabar kecantikan putri yang tersohor, sebenarnya ada sebuah tragedi yang dialami para prajurit kaisar zaman itu saat melawan perusuh.

Namun, di tengah-tengah perlawanan, ada sosok bernama Tsukuyomi yang tiba-tiba muncul membantu Prajurit Takiguchi melawan perusuh. Ia datang dengan kelihaiannya mengatasi musuh, lalu meminta dijadikan Prajurit Takiguchi, prajurit penjaga Kaisar. Tsukuyomi diterima dan berada di bawah pengawasan Okami dan Susano. Dua prajurit andal dan tampan.

Baca juga: Belajar Mengenal Obat-obatan di Buku Why? Medication and Treatment

Tsukuyomi menjadi “Prajurit Takiguchi” demi menyelidiki kematian kakaknya dalam peristiwa “Tragedi berdarah malam ke-15”, ia menyembunyikan identitasnya. Namun, di bawah sinar rembulan, Okami tak sengaja menguaknya. Sempat menolak Tsukuyomi, tapi tak ada yang bisa ia lakukan selain ikut menutup rapat rahasia besar itu. Okami juga ingin menguak misteri kematian kakak Tsukuyomi.

Cerita bergulir sampai pada saat Kaisar ingin meminang Putri Kaguya. Tsukuyomilah yang bertugas untuk menemui Putri Kaguya. Ia sungguh terpukau pada kecantikan Sang Putri dan di luar dugaan Putri Kaguya menyukainya.

Ketika Putri Kaguya meminta 'Hagoromo Langit' sebagai syarat jika Kaisar ingin meminangnya, Tsukuyomi pula yang ditugaskan mencari benda itu. Tentu saja, Okami dan Susano tidak melepas Tsukuyomi sendiri dalam mengemban tugas seberat itu.

Baca juga: Empat Cara Menjadi Kaya dengan Hidup Zero Waste

Chiho Saito Sensei sebagai komikus berhasil melukiskan secara detail keindahan istana, kimono bangsawan yang berlapis-lapis dan kecantikan legendaris Putri Kaguya. Sehingga melahirkan sebuah cerita yang dibungkus cantik oleh keindahan zaman Heian.

Tidak hanya Putri Kaguya yang mendapat sentuhan cantik dari sang pengarang, tetapi juga Okami dan Susano! Ketampanan mereka, digambarkan begitu sempurna dan mampu menggelitik sanubari pembaca komik pecinta shojo manga.

Sementara itu, Tsukuyomi dilukiskan berkembang menjadi sosok yang begitu terampil dan penuh kharisma. Sosok Tsukuyomi semakin misterius dengan munculnya adegan flash back kebahagiaan sederhana bersama kakaknya. Terlukis di sana, kepedihan yang mendalam karena satu-satunya kebahagiaan terenggut begitu saja malam itu.

Selain misteri “Tragedi berdarah malam ke-15”, pembaca juga disuguhkan misteri tentang siapa sebenarnya Tsukuyomi. Sekali lagi Chiho Saito Sensei, menggambarkannya dengan penuh keindahan dalam kesenduan yang begitu dalam; komik yang tak pantas dilewatkan oleh para pecinta komik, komik cantik yang sarat dengan petuah kehidupan.

Tsukuyomi adalah satu-satunya yang selamat dari pembantaian pada malam bulan purnama, dan setelah beberapa pelatihan serius dengan mantan prajurit di pedesaan, dia kembali ke ibu kota untuk mencari kebenaran tentang saudara laki-lakinya yang hilang saat itu.

Dia berpura-pura menjadi seorang pria untuk bergabung dengan pengawal pribadi kaisar, dan diambil di bawah sayap komando Okami dan Susano. Dengan Okami menjadi satu-satunya dari salah satu prajurit yang mengetahui bahwa Tsukuyomi sebenarnya adalah seorang wanita. Dan tentu saja, ini menjadi menarik untuk diceritakan. 

Sementara itu, kota ini dipenuhi dengan cerita tentang putri cantik Kaguya. Di sini, ada beberapa titik plot yang merupakan bagian dari cerita Pemotong Bambu asli. Setiap pria di negeri itu ingin menikahinya, dan dia menugaskan calon pelamarnya dengan tugas yang mustahil.

Namun, ceritanya agak berbeda dari kisah kuno Putri Kaguya. Dia memang masih datang dari bulan, tapi dia lebih banyak terlibat dalam urusan duniawi. Ketika dia dan Tsukuyomi akhirnya berhadapan langsung di akhir jilid pertama, mereka beresonansi dengan cara yang tidak diharapkan, dan masa lalu misterius Tsukuyomi menjadi lebih suram.

Penasaran? Cek di sini:

- https://www.gramedia.com/products/tale-of-kaguya-1

- https://www.gramedia.com/products/tale-of-kaguya-2

Promo Survei GramediaDOK. Gramedia Promo Survei Gramedia

Cek ini: http://bit.ly/voucher_artikel ada voucher menarik untuk kamu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com