Kompas.com - 11/05/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi stres dan kecemasan shutterstockIlustrasi stres dan kecemasan
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Stres dapat digambarkan sebagai suatu kondisi tegang atau terasa ada beban yang membuat kepala, leher, punggung, dan bahkan mungkin seluruh tubuh manusia terasa tidak nyaman.

Biasanya stres dirasakaan saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, dan perubahan.

Baca juga: Guru Besar UNS: Pegawai KPK Penting Miliki Integritas

Dosen IPB dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia, Melly Latifah menyebut stres merupakan hasil persepsi seseorang terhadap kondisi yang dinilai melebihi batas kemampuan diri untuk dapat mengatasinya.

Kejadian-kejadian dalam kehidupan seperti pekerjaan, kematian, perceraian, kekerasan, bencana, paceklik, pemutusan hubungan kerja (PHK), konflik, kemacetan, dan kejadian menekan lainnya dapat menjadi sumber stres.

"Stres dapat membuat kinerja buruk, tidak produktif, bahkan memicu berbagai macam penyakit. Ada banyak bukti ilmiah bahwa dalam jangka panjang, stres berdampak buruk bagi kesehatan," ujar dia melansir laman IPB, Selasa (11/5/2021).

Dia menekankan stres dalam jangka panjang dapat merusak sistem saraf simpatik yang bertugas mengendalikan detak jantung, pernapasan, keringat, aliran darah, kekuatan otot, dan kegiatan mental serta melemahnya sistem kekebalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu menjadi penyebab langsung kerentanan terhadap berbagai penyakit seperti maag, flu, penyakit kardiovaskular, kanker, dan mempercepat penuaan (aging).

"Kehidupan yang dinamis memungkinkan setiap orang mengalami stres di dalam perjalanan hidupnya,” katanya.

Dia menekankan, saat mengalami stres jangan biarkan hal itu berlarut-larut, apalagi sampai bertumpuk dengan banyak stres.

Baca juga: Unesa Buka 10 Jalur Mandiri

Agar jiwa dan raga sehat, segera tanggulangi dengan menyadari bahwa diri sendiri sedang mengalami stres.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.