Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Semangat Belajar, TikTok Gelar Kompetisi Konten Edukasi

Kompas.com - 21/05/2021, 13:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pemanfaatan internet dan platform digital untuk dunia pendidikan semakin meningkat seiring dengan diberlakukannya kebijakan pembelajaran jarak jauh.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statisik tahun 2020, terjadi peningkatan hampir 100 persen terhadap penggunaan internet untuk kegiatan belajar di tingkat SMA sederajat dan juga bangku perkuliahan, dibandingkan tahun 2016.

Guna memperluas akses konten edukasi digital dan meningkatkan semangat belajar, platform distribusi video singkat TikTok kembali melanjutkan program #SamaSamaBelajar 2021 yang fokus menghadirkan konten edukasi di platform digital dalam bentuk kompetisi #SamaSamaBelajar #MerdekaBelajar, TikTok Class, serta TikTok University Week.

Program yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ini bertujuan untuk memberikan akses dan kesempatan yang sama kepada siapa pun untuk belajar dan berbagi inspirasi kepada masyarakat melalui konten edukasi di TikTok.

Baca juga: Universitas Pertahanan Buka Pendaftaran D3, Bebas Biaya Kuliah dan Hidup

Saatnya jadi kreator video edukasi TikTok

Kompetisi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar bertujuan untuk mengapresiasi para kreator yang telah memberikan kesempatan dan akses kepada siapapun untuk belajar dan berbagi inspirasi.

Termasuk memberikan kesempatan kepada semua kreator untuk membagikan konten informatif mulai tanggal 15 Mei sampai 25 Mei 2021. Pemenang terpilih akan mendapatkan hadiah total ratusan juta rupiah.

Sementara TikTok Class memberikan kesempatan kepada siapapun untuk menjadi kreator edukasi dengan sesi pelatihan bersama tim TikTok Indonesia.

Lalu, TikTok University Week merupakan kegiatan webinar di 8 kota di Indonesia dalam bagaimana membuat konten edukasi yang menyenangkan dan engaging. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun semangat berbagi dan belajar kepada generasi muda.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Buka Beasiswa S2-S3 bagi Guru dan Tendik

Konten-konten edukasi lainnya dapat dilihat pengguna dengan mengunjungi tagar #SamaSamaBelajar di aplikasi TikTok. Konten edukasi dengan tagar #SamaSamaBelajar saat ini telah menempati top konten di TikTok, dengan total jumlah views lebih dari 59 Miliar.

Pengembangan teknologi ini dinilai menjadi sangat signifikan seiring diberlakukannya pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan metode hybrid learning.

Kemendikbudristek juga menaruh fokus pada peningkatan teknologi dan infrastruktur guna mendukung program Merdeka Belajar yang memberi kemerdekaan setiap unit untuk berinovasi.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Rachmadi Widdiharto mengatakan teknologi dan platform digital yang ada saat ini merupakan salah satu inovasi dan solusi yang membantu keberhasilan kegiatan belajar mengajar.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Gelar Lomba Video TikTok bagi Mahasiswa

"Di sinilah perlu peran berbagai elemen masyarakat untuk memanfaatkan teknologi yang ada, termasuk oleh peserta didik dan tenaga pengajar. Sehingga inovasi ini dapat memberikan kesempatan yang lebih luas dan mudah bagi siapa pun untuk belajar, seperti yang digaungkan oleh program Merdeka Belajar," kata Rachmadi dalam konferensi virtual TikTok, Kamis (21/5/2021).

Head of Operations TikTok Indonesia, Angga Anugrah Putra mengatakan TikTok terus berkomitmen untuk menjadi platform untuk bersenang-senang dan menciptakan konten yang menghibur, positif dan bermanfaat.

Setahun terakhir, kami telah melihat bagaimana berbagi pengetahuan sederhana di TikTok ternyata dapat memberikan manfaat bagi banyak orang, menjadi inspirasi, menciptakan peluang karier hingga membuka berbagai kesempatan baru. Kami senang program SamaSamaBelajar dapat membuktikan bahwa siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan memberikan inspirasi kepada orang lain," kata Angga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com