Kompas.com - 30/05/2021, 17:21 WIB
Ilustrasi anak mengikuti pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. iStock/staticnak1983Ilustrasi anak mengikuti pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

KOMPAS.com - Kemampuan berbahasa anak setelah mendengar adalah kemampuan berbicara. Anak mampu menyerap apapun yang didengar di lingkungannya dan akan mengeluarkan informasi berupa kata yang dari mulut mungilnya.

Sedangkan salah satu fungsi bahasa bagi perkembangan anak usia dini adalah sebagai alat komunikasi dan menumbuhkan interaksi sosial dalam lingkungan mainnya.

Untuk memudahkan tugas perkembangan bahasa tersebut agar mudah diterima tentu lewat cara yang menyenangkan. Bisa lewat aktivitas seru antara orangtua dan anak, bermain dan aktivitas lainnya

Baca juga: 7 Kiat Bantu Anak Hargai Diri Sendiri

Oleh karena itu guru atau orang tua hendaknya mampu merancang model permainan yang melibatkan anak secara langsung agar anak mampu dalam mengungkapkan kata disamping kemampuan interaksi sosial tumbuh sesuai apa yang diharapkan.

Misalnya, saat bermain selipkan aktivitas belajar. Hal ini, tentu untuk mendorong perkembangan baik fisik motorik, kognitif, maupun bahasa dapat dilakukan sambil bermain. Bermain tebak huruf, angka, apapun bisa membantu anak belajar bercakap.

Orangtua atau guru hendaknya mengerti tahap-tahap pengenalan membaca pada anak usia dini, antara lain proses melihat tulisan di lingkungan main atau di lingkungan sekitar anak, mengerti arti simbol huruf atau arti tulisan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari tahapan-tahapan tersebut, anak dapat diajak belajar untuk mengenal huruf maupun kata dengan bermain, salah satunya dengan bermain kata sebagai upaya mengembangkan bahasa.

Baca juga: Ajari Anak Terbiasa Hidup Sehat lewat Tiga Karakter Lucu

Dilansir dari laman anggunpaud, terdapat aneka permainan yang dapat diberikan pada anak usia dini dalam menumbuhkan kemampuan berbahasanya. Antara lain dengan permainan seperti dibawah ini :

1. Pertama, kenalkan anak dengan huruf vokal (a,i,u,e,o) dengan mengucapkan huruf “a”, “i”, “u”, “e” dan “o” beberapa kali. Katakan, mulut dibuka “a”, mulut meringis “i”, bibir maju ”u”. mulut melongo “o”. Dapat juga dilakukan dengan bermain “tepuk huruf vokal” atau dengan bernyanyi huruf vokal.

2. Kedua, menyanyikan huruf-huruf lepas dari A-Z. Setelah itu lakukan tanya jawab nama-nama huruf tersebut baik secara urut, dari atas ke bawah, dari belakang maupun secara acak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.