Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2021, 12:16 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Penulis: dr. Andreas, Sp. A dan Evi Natalia Oopredoo Product Development, Elex Media Komputindo.

KOMPAS.com - Setiap orangtua pasti akan senang jika anak-anak bisa berkembang dan bertumbuh dengan sehat.

Agar anak bisa memahami kebiasaan sehat di lingkungannya, akan lebih mudah jika sejak dini sudah terbiasa membiasakan diri peduli dengan kesehatan.

Untuk itu, orangtua perlu mengenalkan kebiasaan sehat apa saja yang harus ditanamkan sejak awal, agar anak dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan pintar.

Agar membantu orangtua memberikan edukasi kepada anak-anaknya, dr Andreas, Sp. A bekerja sama dengan tim Oopredoo membuat buku anak tentang kebiasaan sehat sejak dini.

Baca juga: Tak Berorientasi Nilai, Ini Cara Sekolah Cikal Asah Kompetensi Murid

Menggunakan karakter hewan yang ada di sekitar kita seperti anjing (Guk), kucing (Puss), dan cicak (Cak), dokter Andreas menulis empat judul buku pertamanya yang terbit pada 14 April 2021, yaitu:

  • Board Book Kata Dokter: Yuk, Berjemur!
  • Board Book Kata Dokter: Yuk, Sikat Gigi!
  • Board Book Kata Dokter: Yuk, Tidur Siang!
  • Board Book Kata Dokter: Yuk, Makan Sehat!

Seri Board Book Kata Dokter ini berisi 16 halaman full color, berukuran 18 x 25 cm. Tidak hanya memperkenalkan tentang pentingnya berjemur, sikat gigi, tidur siang, dan makan sehat sejak dini, board book ini juga didesain agar dapat membantu stimulasi berbahasa si kecil.

Membacakan dongeng pendek dengan ilustrasi gambar yang menarik kepada anak berusia satu tahun ke atas dapat membantu anak untuk mengenal kata-kata baru, serta menstimulasi mereka untuk dapat bercerita.

Baca juga: Targetkan 17,9 Juta Siswa, Ini Cara Daftar KIP Sekolah SD-SMA 2021

Dengan dongeng, anak-anak juga lebih cepat mampu memahami hal-hal sederhana yang disampaikan. sehingga, secara tidak langsung hal itu terekam jelas di memori. serta membiasakan diri anak mengenal inti sari dongeng dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Bersama Puss, Cak, dan Guk, orangtua dapat mengenalkan kebiasaan sehat sekaligus mengajak putra-putrinya untuk mengembangkan imajinasi dengan menceritakan kembali isi buku tersebut.

Selain menanamkan kebiasaan sehat sejak kecil, orangtua juga perlu mengetahui perkembangan emosi buah hatinya sejak dini. Jika kecerdasan emosional ini berkembang secara positif, maka kecerdasan intelektualnya juga akan berkembang dengan optimal.

Oleh sebab itu dokter Andreas juga ingin mengajak para orang tua dan calon orangtua di Indonesia untuk lebih memahami perkembangan kondisi mental anak-anaknya.

Melalui buku parenting yang berjudul Apakah Anak Kita Bahagia? dokter Andreas akan menjawab kegelisahan para orangtua tentang menjaga kesehatan mental anak dengan pola asuh yang tepat, dan membahas masalah-masalah mental emosional anak yang sering dihadapi orangtua.

Baca juga: Empat Cara Menjadi Kaya dengan Hidup Zero Waste

Selain itu dokter Andreas juga akan memberikan tip-tip untuk mengatasi masalah tersebut. Buku Apakah Anak Kita Bahagia? akan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada bulan Mei 2021 mendatang.

Penasaran sama bukunya? Cek di sini:
https://www.gramedia.com/products/opredo-board-book-kata-dokter-yuk-berjemur

https://www.gramedia.com/products/opredo-board-book-kata-dokter-yuk-tidur-siang

https://www.gramedia.com/products/opredo-board-book-kata-dokter-yuk-sikat-gigi

https://www.gramedia.com/products/opredo-board-book-kata-dokter-yuk-makan-sehat

Promo Survei GramediaDOK. Gramedia Promo Survei Gramedia

Pengen beli buku ini tetapi dompet tetap aman? Klik ini: http://bit.ly/voucher_artikel

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com