Perkuat Literasi Digital, IDN dan Kemenag Jatim Gelar "Anugerah Inovasi Madrasah Digital"

Kompas.com - 02/06/2021, 08:54 WIB
Jaringan Infradigital Nusantara (IDN) bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Timur menggelar Anugerah Inovasi Madrasah Digital 2021 yang berlangsung secara daring. DOK. IDNJaringan Infradigital Nusantara (IDN) bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Timur menggelar Anugerah Inovasi Madrasah Digital 2021 yang berlangsung secara daring.

KOMPAS.com -Fungsi madrasah sebagai lembaga pendidikan formal dan keagamaan menuntut madrasah mengikuti perkembangan zaman, termasuk dalam teknologi informasi digital.

Karenanya, literasi digital pada madrasah menjadi sangat penting agar dapat tercapai pemerataan digitalisasi sehingga dapat mewujudkan madrasah hebat dan bermartabat.

Mendorong penguatan literasi digital di lingkungan madrasah, jaringan Infradigital Nusantara (IDN) bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Timur menggelar "Anugerah Inovasi Madrasah Digital 2021" yang berlangsung secara daring.

Acara dihadiri kurang lebih 500 madrasah se-Jawa Timur, mulai dari tingkat Raudhatul Athfal (RA) hingga Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di 3 Kota/Kabupaten.

Nantinya, kegiatan ini akan dilakukan secara roadshow di setiap Kota/Kabupaten di Jawa Timur sejak bulan Maret 2021 hingga 1-2 tahun ke depan.

Baca juga: Cair Bertahap, Guru Madrasah Peroleh Tunjangan Profesi Selama 3 Bulan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengelolaan data terintegrasi

“Dalam rangka merealisasikan KSKK Madrasah tentang Program Transformasi Digital Menuju Transformasi Pendidikan Kelas Dunia, Kemenag Jawa Timur bekerja sama dengan jaringan IDN yang salah satu tujuannya untuk mempercepat dan pemerataan digitalisasi madrasah,” ungkap Muhammad Syamsuri, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jawa Timur melalui rilis resmi (1/6/2021).

Ia menjelaskan, terwujudnya literasi digital dilakukan melalui penerapan Portal Digital (PorDi) pada madrasah di Jawa Timur.

"PorDi merupakan produk Jaringan IDN yang dapat membantu digitalisasi lembaga pendidikan mulai dari perapihan data yang sesuai dengan EMIS/Dapodik, pembuatan website lembaga pendidikan, fitur donasi, dan fitur pengumuman," ungkapnya.

Lebih jauh Syamsuri menjelaskan PorDi akan terintegrasi dengan Aplikasi Pelajar yang dapat memudahkan komunikasi antara lembaga pendidikan dengan orangtua/wali dan peserta didik.

Muhammad Irvan, Vice President Sales Infradigital menjelaskan, Jaringan IDN memberikan program terbuka untuk madrasah dengan PorDi yang dapat menjadi langkah besar dalam membangun infrastruktur dan pusat kelola data untuk lembaga pendidikan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.