UMN dan Silla University Korsel Raih Hibah KOICA untuk Penguatan SDM Revolusi Industri 4.0

Kompas.com - 07/06/2021, 15:19 WIB
Penandatanganan MOU Kerja Sama Pembangunan SEC Living Lab yang ditandatangi oleh Perwakilan UMN dan Perwakilan Silla University Korea (19/2/2019) DOK. UMNPenandatanganan MOU Kerja Sama Pembangunan SEC Living Lab yang ditandatangi oleh Perwakilan UMN dan Perwakilan Silla University Korea (19/2/2019)

 

KOMPAS.com - Penguatan SDM unggul bidang teknologi menjadi tantangan besar Indonesia dalam memasuki era Revolusi Industri 4.0. Perguruan tinggi diharapkan mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi unggul bidang terkait teknologi, mulai dari mahadata (big data), IoT (internet of things) hingga keamanan siber.

Menjawab hal tersebut, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) terus membangun kolaborasi dengan perguruan tinggi dan juga industri dalam dan luar negeri.

“Saat ini, UMN mempunyai empat fakultas, yaitu Fakultas Teknik dan Informatika, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Bisnis, juga Fakultas Seni dan Desain, yang bekerja sama dengan universitas-universitas ternama di dalam dan luar negeri," ungkap Prof. Muliawati Siswanto, Wakil Rektor bidang Hubungan dan Kerja Sama melalui rilis resmi (7/6/2021).

Tidak hanya antarperguruan tinggi, lebih jauh Prof. Muliawati menyampaikan, UMN juga telah bekerja sama dengan industri seperti Microsoft, Oracle, Huawei, dan sebagainya, dalam program magang mapun penyedia sertifikat keahlian.

Salah satu kerja sama yang dijalin UMN adalah dengan Silla University, Korea Selatan. UMN  dan Silla University mendapatkan hibah dari The Korea International Cooperation Agency (KOICA).

Kolaborasi kedua universitas ini mengusung proyek tiga tahun berjudul “The Establishment and Joint Operation of Indonesia-KOICA-4th Industry Revolution (IK4IR) Center”.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proyek ini menjadikan UMN sebagai pusat pelatihan tenaga ahli di bidang industri 4.0.

Hal ini sejalan dengan harapan Rektor UMN, Ninok Leksono, yang terus mendorong berbagai kerja sama dan kolaborasi dalam mendidik dan meningkatkan kualitas SDM di bidang Tridharma Perguruan Tinggi.

Siapkan SDM unggul teknologi 

Foto Bersama Perwakilan UMN dan Perwakilan Silla University Korea. 
DOK. UMN Foto Bersama Perwakilan UMN dan Perwakilan Silla University Korea.

Kerja sama antara UMN dengan Silla University sendiri telah berlangsung selama beberapa tahun untuk berbagai bidang akademik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.