Kompas.com - 13/06/2021, 11:25 WIB
Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) meluncurkan aplikasi ?Sistem Informasi Peduli Anak dan Ibu Kesehatan Masyarakat Tangerang Selatan (Si Pandai Kemas Tangsel (11/6/2021). DOK. UMNDinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) meluncurkan aplikasi ?Sistem Informasi Peduli Anak dan Ibu Kesehatan Masyarakat Tangerang Selatan (Si Pandai Kemas Tangsel (11/6/2021).

KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) meluncurkan aplikasi “Sistem Informasi Peduli Anak dan Ibu Kesehatan Masyarakat Tangerang Selatan (Si Pandai Kemas Tangsel (11/6/2021).

Aplikasi yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak serta peran masyarakat ini diluncurkan secara daring melalui Zoom dan secara luring di Aula Balandongan Gedung Pemkot Tangerang Selatan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Masih adanya angka kematian ibu dan bayi di Tangerang Selatan menjadi latar belakang dibuatnya aplikasi ini. Selain itu, pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan cakupan pelayanan kesehatan masyarakat, terutama ibu dan anak.

Adanya aplikasi ini diharapkan memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan kapanpun dan dimanapun secara digital.

Rektor UMN, Ninok Leksono menyebutkan keterlibatan UMN menjadi bukti peran penting institusi pendidikan untuk terjun langsung ke masyarakat. Ninok menegaskan universitas tidak bisa hanya berdiri sendiri dengan pendidikan saja, namun juga harus ambil peran dalam masyarakat.

“Universitas menjalankan tridarma perguruan tinggi, salah satunya pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat membuat universitas tidak menjadi menara gading. Bagi kami, acara ini membuat universitas tidak terisolasi dan asyik sendiri, namun bisa tetap berkontribusi kepada masyarakat,” ungkap Ninok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: UMN dan Silla University Korsel Raih Hibah KOICA untuk Penguatan SDM Revolusi Industri 4.0

Libatkan dosen lintas keilmuan

Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie menyebutkan layanan kesehatan sangat membutuhkan kecepatan dan ketepatan.

Kebutuhan akan sistem informasi menjadi strategi penting dalam menjangkau layanan kepada masyarakat. Hal ini mendasari dijalankannya kegiatann ini.

“Salah satu strategi yang dikembangkan adalah Si Pandai Kemas Tangsel. Sistem ini akan memberikan pelayanan dengan kecepatan dan ketepatan bagi masyarakat. Tujuan akhirnya adalah untuk menaikkan angka harapan hidup masyarakat,” tutup Benyamin dalam sambutannya.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Tangerang Selatan, Lilis Suryani.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X