Kompas.com - 16/06/2021, 12:55 WIB
PPI Dunia Teliti Jalur Rempah di Simposium Amerika-Eropa 2021 Dok. PPI DuniaPPI Dunia Teliti Jalur Rempah di Simposium Amerika-Eropa 2021

KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang sangat beragam. Letak geografis serta iklim tropis Indonesia merupakan anugerah bagi masyarakat Indonesia. Kekayaan dan hasil alam Indonesia telah menarik perhatian banyak negara lain di dunia.

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang sangat beragam. Letak geografis serta iklim tropis Indonesia merupakan anugerah bagi masyarakat Indonesia. Kekayaan dan hasil alam Indonesia telah menarik perhatian banyak negara lain di dunia.

Namun, program jalur rempah yang mulai hangat digaungkan pada tahun 2020 masih menimbulkan banyak miskonsepsi. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya sosialisasi pemerintah kepada masyarakat mengenai program tersebut.

Kondisi ini mendorong Perhimpunan Pelajar Indonesia Daerah Kawasan Amerika Eropa (PPIDK Amerika Eropa) melakukan kajian mengenai program jalur rempah bertema “Jalur Rempah Sebagai Jaringan Peradaban Global” dan melalui Simposium Amerika Eropa (SAE) Iberia 2021, Sabtu (5/6/2021).

Baca juga: Desa Terang Desa Internet, Inisiasi PPI Dunia Hadirkan Internet Daerah 3T

Kegiatan tersebut dibagi menjadi 3 panel. Panel pertama bertema “Visi Pemajuan Budaya Indonesia” dihadiri oleh TK SAE Iberia 2021, Yulianto Yudo yang menyampaikan materi berjudul “Laporan Iberia 2021: Pemajuan Budaya Melalui Kesadaran Sejarah Jalur Rempah”.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil laporan tersebut merupakan hasil dari kajian tim yang terdiri dari pelajar Indonesia yang berada di seluruh penjuru Eropa.

“Di masa kini kita melihat jalur rempah sebagai program gotong-royong untuk memajukan budaya Indonesia. Kita tidak lagi melihat jalur rempah sebagai komoditas, namun kita mengambil nilai-nilai yang masih relevan di masa kini,” papar Yulianto.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid juga hadir menyajikan materi “Jalur Rempah dan Visi Pemajuan Budaya Indonesia” disampaikan oleh .

Hilmar menyampaikan bahwa amanat memajukan kebudayaan Indonesia tertera di dalam UUD 1945 pasal 32 ayat 1. Ia juga menyampaikan rumusan demi kemajuan budaya Indonesia, “Berpijak pada sumber daya lokal, memperkuat tatanan nasional, dan berkiprah di dunia internasional.”

Baca juga: Beasiswa S2 di Kampus Terbaik Australia, Bebas Biaya Kuliah dan Hidup

Panel kedua bertema “Visi Pemajuan Ekonomi Indonesia” dihadiri oleh Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.