Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2021, 15:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dalam seremoni penutupan dies natalis ke-57 Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rektor UNJ Prof. Komarudin mengajak seluruh civitas academica UNJ untuk menjadikan hal ini momentum untuk meningkatkan prestasi dan reputasi.

"Dengan perayaan Dies Natalis ke-57 UNJ, semoga ini menjadi momentum dan motivasi bagi civitas UNJ untuk meningkatkan kampus yang unggul, berprestasi dan bereputasi di kawasan Asia," pesan Rektor UNJ, Prof. Komarudin melalui rilis resmi (17/6/2021).

Prof. Komarudin menyampaikan, berbekal semangat bersinergi ini ke depan UNJ akan lebih meningkatkan tata kelola perguruan tinggi bereputasi, pengembangan SDM, dan peningkatan reputasi akademik.

"Peningkatan reputasi akademik dilakukan dengan pengembangan pusat-pusat keunggulan dan inovasi yang menyentuh dan berdampak pada masyarakat langsung dan DUDI (dunia usaha dan dunia industri)," tambahnya.

"Selain itu, kita juga akan memperkuat jejaring kerjasama, baik nasional maupun internasional. Semoga Allah SWT meridhoi niat dan langkah kita memajukan UNJ menuju kampus yang bereputasi dan terbaik di Indonesia dan Asia. Amin," pungkas Rektor UNJ

Perayaan penutupan dies natalis ke-57 tahun UNJ digelar secara daring dan luring terbatas pada Kamis, 17 Mei 2021 di Ruang serbaguna Gelanggang Olah Raga Kampus B UNJ, Jakarta.

Rangkaian dies natalis ke-57

Rangkaian kegiatan dies natalis ke-57 UNJ tahun dimulai sejak bulan April 2021 hingga Juni 2021 dengan mengusung tema “Unggul dan Bereputasi”.

Selama menyelenggarakan dies natalis ke-57, UNJ menghadirkan sederet kegiatan akademik dan non-akademik dalam perayaannya.

Beberapa kegiatan akademik tersebut diantaranya adalah:

Baca juga: Competitive Into the Future, Tema Dies Natalis Itenas Bandung ke-48

  • Peluncuran Edura TV bertepatan pada Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2021; 
  • Seminar nasional “Peta Jalan Pendidikan Nasional Tahun 2035” yang diadakan tanggal 5 Mei 2021 dan menghadirkan para narasumber ahli, seperti diantaranya Prof. Nizam,(Dirjen Dikti Pendidikan Tinggi), Syaiful Huda (Ketua komisi X DPR), dan Prof. Sunaryo Kartadinata (Dubes Indonesia untuk Uzbekistan). Kegiatan ini dihadiri oleh ribuan peserta dari seluruh Indonesia dan internasional secara daring;
  • Seminar nasional “Strategi Pendidikan Maritim dalam Pengembangan SDM Unggul Masyarakat Pesisir” yang diadakan pada 27 Mei 2021 menghadirkan Sakti Wahyu Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan RI), Wagub DKI Ahmad Riza Patria
  • Kegiatan bedah buku “Darul Misaq: Indonesia Negara Kesepakatan” yang diawali sambutan Wapres RI Prof. KH. Ma'ruf Amin.

Sementara itu kegiatan puncak dies natalis ke-57 UNJ tahun diadakan tanggal 20 Mei 2021 dan dibuka dengan ucapan selamat Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Prof. KH. Ma'ruf Amin.

Dengan beragam kegiatan akademik dan non-akademik yang telah dilaksanakan, UNJ berharap dapat memberikan kontribusi terbaiknya kepada bangsa Indonesia demi terwujudnya kualitas SDM yang mumpuni dan kemashalatan masyarakat luas.

Rektor UNJ menyampaikan, sebagai universitas bereputasi nasional, UNJ memiliki tanggung jawab moral berperan serta aktif dalam upaya peningkatan kualitas SDM dan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui jalur akademik.

Baca juga: Dies Natalis IPB ke-57, Wapres: Dorong Inovasi Pertanian dan Pangan

Acara penutupan ini dibuka dengan sambutan Rektor UNJ, Prof. Komarudin. Selain membangun optimisme bersama, Prof. Komaruddin juga secara khusus memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan pihak-pihak yang turut mensukseskan kegiatan dies natalis.

Kegiatan berlangsung meriah dipandu Narji Cagur sebagai MC serta penampilan karya mahasiswa dan dosen Program Studi Tata Busana dan Rias Fantasi yang menjadi salah satu program studi unggulan bidang vokasi UNJ.

Acara ini turut dimeriahkan juga penampilan Ika “Dangdut Academy”, stand up commedy UNJ dan pembagian door prize bagi seluruh civitas akademica UNJ.

Acara penutupan ini dihadiri secara luring para ketua lembaga, dekan, direktur pascasarjana dan para pejabat lain di lingkungan UNJ serta mahasiswa dan alumni UNJ dari seluruh Indonesia dan internasional secara daring.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com