Kompas.com - 21/06/2021, 11:57 WIB
Ilustrasi berpikir g-stockstudioIlustrasi berpikir
|

KOMPAS.com - Mahasiswa seringkali berpikir terlalu keras. Bahkan mengalami overthinking atau berpikir secara berlebihan.

Ketika seseorang mengalami overthinking justru ia menghambat penyelesaian masalah dan bukan untuk mencari solusi jalan keluar.

Sering kali orang tidak menyadari sedang mengalami overthinking. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa itu overthinking supaya kita memiliki awareness terhadap diri kita sendiri.

Baca juga: Guru Besar Unnes: Ini Potensi Wedang Uwuh pada Keseimbangan Sistem Imun

Dalam Kuliah Online CPMH UGM, Jumat (18/6/2021), seorang psikolog Wirdatul Anisa menjelaskan apa itu overthinking.

"Overthinking adalah menggunakan terlalu banyak waktu untuk memikirkan suatu hal dengan cara yang merugikan serta overthinking dapat berupa ruminasi dan khawatir," ujarnya dikutip dari laman UGM.

Wirdatul juga menjelasakan ruminasi adalah kecenderungan untuk terus memikirkan hal yang telah berlalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merasa hari ini akan lebih baik jika kemarin melakukan suatu hal juga merupakan salah satu bentuk masa lalu. Sedangkan khawatir adalah kecenderungan memikirkan prediksi yang negatif.

Sulit ubah kebiasaan overthinking

Sementara itu, Psikolog dan peneliti Central Public Mental Health UGM Nurul Kusuma Hidayati menjelaskan bahwa tidak mudah untuk mengubah kebiasaan overthinking.

Namun, untuk mengubah kebiasaan overthinking perlu kemauan dan tekad yang kuat. Bagaimana caranya?

Untuk mengurangi kebiasaan overthinking bisa dimulai dari menyadari apa yang sedang dipikirkan kemudian kita bisa mengarahkan pikiran ke arah yang lebih rasional.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X