Kompas.com - 22/06/2021, 15:29 WIB
Survei Perilaku Siswa dalam Pemilihan Jurusan Pendidikan yang dilakukan oleh Aku Pintar dan Katadata Insight Center pada 20-29 Maret 2021. DOK. AKU PINTAR dan KATADATASurvei Perilaku Siswa dalam Pemilihan Jurusan Pendidikan yang dilakukan oleh Aku Pintar dan Katadata Insight Center pada 20-29 Maret 2021.

KOMPAS.com - Aplikasi pendidikan, Aku Pintar berhasil meraih top 5 aplikasi belajar yang paling sering digunakan oleh para siswa. Selain itu, Aku Pintar juga menjadi referensi sebagai tempat mencari informasi perguruan tinggi serta latihan soal persiapan memasuk pendidikan tinggi.

Data tersebut mengemuka dalam "Survei Perilaku Siswa dalam Pemilihan Jurusan Pendidikan" yang dilakukan oleh Aku Pintar dan Katadata Insight Center pada 20-29 Maret 2021.

Survei mengambil sampel 1.153 siswa usia 15-18 tahun dari 32 provinsi di Indonesia. Siswa yang disurvei berasal dari sekolah negeri (68,4 persen) dan swasta (31,6 persen), terdiri dari 49,4 persen laki-laki dan 50,6 persen perempuan.

Co Founder dan CEO Aku Pintar, Lutvianto Pebri Handoko mengungkapkan sejak awal, Aku Pintar berkomitmen menyediakan serangkaian fitur bagi siswa SMP dan SMA/SMK untuk membantu lebih mengenal diri, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan sehingga mampu memilih jurusan serta karir yang tepat di masa depan.

“Masa depan anak sangat berharga, pemilihan sekolah dan jurusan menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan karier dan masa depan," ungkap Pebri melalui rilis resmi (22/6/2021).

Oleh karena itu, Pebri menyampaikan pihaknya menyediakan beragam fitur secara gratis mulai dari rangkaian tes minat, bakat dan penjurusan, materi pembelajaran sampai informasi mengenai SMA dan kampus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Semua ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempermudah mereka dalam menentukan jurusan dan karir yang tepat,” tegas Pebri.

Dari survei tersebut muncul sejumlah fakta menarik terkait pemilihan jurusan di tahun 2021 ini:

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA Berikut Prospek Kerjanya

1. Cari informasi dari medsos

Sebelum memilih jurusan di perguruan tinggi, siswa biasanya mengumpulkan informasi terlebih dahulu. Umumnya, siswa mencari informasi ini di media sosial (73 persen), website perguruan tinggi (54,6 persen), alumni (37,3 persen), dan aplikasi pendidikan (34,7 persen).

2. Jurusan teknik masih favorit

Terkait jurusan, Teknik menjadi pilihan favorit pelajar yang akan menempuh jenjang pendidikan tinggi. Teknik berada di urutan pertama, dipilih oleh 16,2 persen siswa, berikutnya adalah Pendidikan/Keguruan (7,4 persen), Kedokteran (7,3 persen), Manajemen (6,3 persen) dan Akuntansi (5,9 persen).

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.