Kompas.com - 03/07/2021, 12:36 WIB
Ilustrasi bisnis online Dok. ShutterstockIlustrasi bisnis online
|

KOMPAS.com - Saat ini mahasiswa tak hanya didorong agar bisa diserap langsung di dunia kerja tapi juga bisa membuka lapangan pekerjaan.

Berwirausaha di kalangan mahasiswa bisa dengan membangun sebuah start up atau merintis bisnis. Salah satu lini bisnis yang bisa dipakai yakni franchise atau waralaba.

Konsep bisnis yang dinilai menjanjikan di era masa kini dihadirkan Program Vokasi Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dalam Kuliah Tamu Bisnis Waralaba bertema 'Bisnis Waralaba Masa Kini.

Kuliah umum yang diinisiasi Program Studi D3 Manajemen Perusahaan Unpar ini menghadirkan Owner Kebab Turki Baba Rafi sekaligus pemilik Zuzu Beauty Care, Nilamsari.

Baca juga: Ini Rincian Formasi CPNS 2021 Mahkamah Agung untuk Lulusan D3-S1

Kenali bisnis franchise atau warabala

Para peserta diajak memahami konsep bisnis waralaba serta tantangan dan peluang menjadi Franchisor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bisnis waralaba memang terkenal menggiurkan karena menjanjikan keuntungan besar dengan risiko kecil. Baik dalam skala bisnis kecil maupun besar. Namun, benarkah demikian?

Nilamsari yang telah bergelut selama 17 tahun dalam bisnis waralaba berbagi tips dalam merintis usaha waralaba. Termasuk berbagai langkah dan pertimbangan plus minusnya.

Nilamsari mengungkapkan, Kebab Turki Baba Rafi merupakan sebuah jaringan usaha waralaba kebab dengan 1.500 outlet telah tersebar di 10 negara.

Menurut Nilamsari, dalam berbisnis kemitraan atau franchise harus fokus pada beberapa hal, yakni:

  • Sistem
  • Standarisasi
  • Sistem survei lokasi
  • Sistem pelayanan
  • Sistem pelaporan

"Itulah memulai growing with franchise atau biasa kita sebut bisnis waralaba," kata Nilamsari seperti dikutip dari laman Unpar, Sabtu (3/7/2021).

Baca juga: Intip Cara Mahasiswa Unair Kreasikan Jamu Jadi Minuman Kekinian

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.