Kompas.com - 09/07/2021, 19:08 WIB
Tanoto Foundation resmi membagikan 500 ton tabung oksigen produksi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) untuk sejumlah rumah sakit yang ada di Pulau Jawa. DOK. Humas Tanoto FoundationTanoto Foundation resmi membagikan 500 ton tabung oksigen produksi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) untuk sejumlah rumah sakit yang ada di Pulau Jawa.

KOMPAS.com – Lembaga filantropi indpenden Tanoto Foundation membagikan 500 ton oksigen produksi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) atau perusahaan mitra APRIL Group, pada Jumat (9/7/2021),

Bantuan tersebut ditujukan untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 di Indonesia melalui koordinasi dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Board of Trustee Tanoto Foundation Anderson Tanoto mengatakan, pihaknya merasa terpanggil dengan banyaknya kasus kekosongan tabung oksigen di berbagai rumah sakit di Indonesia.

“Oleh karena itu, kami segera berkoordinasi secepat mungkin untuk menyalurkan oksigen yang diproduksi PT RAPP di Pangkalan Kerinci, Riau, ke Pulau Jawa. Tabung-tabung oksigen ini nantinya akan membantu memasok kebutuhan oksigen di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” ujar Anderson melalui keterangan tertulisnya, Jumat.

Baca juga: Tanoto Foundation: Mendesak, Kolaborasi Mitigasi Atasi Learning Loss

Tak lupa, Anderson berterima kasih atas dukungan yang diberikan Menteri Perindustrian (Menperin) dan Menteri Kesehatan (Menkes).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, kata dia, kurang dari 36 jam, Tanoto Foundation bisa segera mengangkut dan mendistribusikan tabung oksigen ke Pulau Jawa.

“Semoga oksigen yang kami salurkan dapat membantu menyelamatkan para pasien Covid-19 yang dirawat di rumah-rumah sakit, khususnya di Pulau Jawa,” harapnya.

Sebagai informasi, lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi selama beberapa minggu terakhir membuat ketersediaan oksigen medis menjadi terbatas.

Para pasien Covid-18 dengan gejala berat hingga kritis di sejumlah rumah sakit pun mengalami kesulitan untuk memperoleh pasokan oksigen medis.

Baca juga: 5 Startup Jadi Pemenang Kompetisi yang Digelar Tanoto Foundation-Wharton School

Berdasarkan data dari Kemenkes, kebutuhan oksigen medis di Indonesia mengalami kenaikan lebih dari enam kali lipat dari biasanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.