Kompas.com - 19/07/2021, 08:30 WIB
Ilustrasi Raja Kerajaan Kediri, Prabu Jayabaya, dan ramalannya. TribunnewsIlustrasi Raja Kerajaan Kediri, Prabu Jayabaya, dan ramalannya.
|

KOMPAS.com - Bagi siswa sekolah yang sedang mengikuti pembelajaran daring, maka harus terus semangat. Terlebih dalam masa pandemi Covid ini.

Secara khusus, bagi yang sedang belajar sejarah Kerajaan Kediri, maka berikut disampaikan raja raja kerajaan Kediri.

Informasi dirangkum dari laman StudioBelajar.com yang merupakan startup garapan alumni Universitas Indonesia (UI) yang kompeten di bidangnya.

Baca juga: 8 Protokol Isolasi Mandiri, Siswa Harus Paham

Kerajaan Kediri diduga berpusat di Daha, sebuah wilayah pemukiman yang diperkirakan ada di bagian selatan Jawa bagian timur.

Mendekati wilayah Kota Kediri, Jawa Timur saat ini. Kota Daha, bersama dengan Kahuripan menjadi wilayah penting di kemudian hari bagi Singhasari dan Majapahit.

Sehingga dapat diperkirakan Daha merupakan pusat dari Kediri, selaku pendahulu Singhasari dan Majapahit. Raja pertama dari Kerajaan Kediri adalah Sri Samarawijaya, yang merupakan putra Airlangga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut ini raja raja Kerajaan Kediri:

1. Sri Samarawijaya
2. Sri Jayawarsa
3. Sri Bameswara
4. Jayabhaya
5. Sri Sarwweswara
6. Sri Aryeswara
7. Sri Gandra
8. Mapanji Kamesywara
9. Krtajaya

1. Sri Samarawijaya

Samarawijaya adalah putra Airlangga yang telah dijadikan putra mahkota Kerajaan Mataram Kuno. Ia kemudian memperebutkan posisi raja melawan Mapanji Garasakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.