Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Multimedia Nusantara Resmi Buka Magister Ilmu Komunikasi

Kompas.com - 21/07/2021, 21:03 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Multimedia Nusantara (UMN) secara resmi membuka program pascasarjana Magister Ilmu Komunikasi setelah sebelumnya telah membuka  program pascasarjana Magister Manajemen Teknologi (MMT).

Kedua program studi ini akan dimulai pertengahan Agustus 2021 meliputi Komunikasi Korporasi Digital (Digital Corporate Communication) dan Komunikasi Pemasaran Digital (Digital Marketing Communication).

Magister Ilmu Komunikasi UMN mengkombinasikan perspektif keilmuan dan perspektif praktis. Kombinasi ini akan mempersiapkan lulusan mampu menjelaskan dan memecahkan masalah komunikasi strategis dalam bidang komunikasi pemasaran dan komunikasi korporasi.

Bukan tanpa sebab, penekanan ini dipersiapkan untuk kemampuan mengantisipasi disrupsi yang disebabkan oleh transformasi digital.

“Dari perspektif keilmuan, prodi ini didesain untuk memberikan pemahaman yang kuat mengenai teori, prinsip, konsep, dan metode penelitian di bidang komunikasi strategis," jelas Kepala Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UMN, Adde Oriza Rio, melalui rilis resmi (21/7/2021).

Adde menambahkan, "dari perspektif praktis, prodi ini didesain untuk membangun kemampuan mengembangkan inovasi, meningkatkan daya saing, dan meningkatkan kemampuan adaptif.”

Baca juga: DQLab-UMN Buka Kursus Data Science Gratis untuk Umum Periode Juli 2021

Studi tiga semester

Perspektif keilmuan dan perspektif praktis dibuat sebagai respon atas pergeseran peran profesional yang semakin menuntut penguasaan pengetahuan strategis tingkat lanjut, ketimbang sekadar keterampilan operasional.

Perspektif ini dibutuhkan organisasi maupun entitas komunikator strategis pada era digital ini.

“Konsentrasi program di Magister Ilmu Komunikasi UMN berorientasi pada pemahaman dan keterampilan dalam aspek komunikasi, korporasi, manajemen, bisnis, dan teknologi digital,” lanjut Adde menjelaskan kurikulum yang diberikan Magister Ilmu Komunikasi UMN.

Magister Ilmu Komunikasi UMN menawarkan berbagai keunggulan, diantaranya adalah sarana dan prasarana yang mendukung perkuliahan; kerjasama dengan lembaga riset, Non-Government Organization, pemerintah, serta inkubator bisnis Skystar Ventures.

Selain itu keunggulan lain ditawarkan antara lain; jaringan kolaboratif dengan dunia usaha, khususnya Kompas Gramedia Group; tenaga pengajar yang terdiri dari akademisi dan praktisi; kurikulum yang menekankan pada aspek komunikasi digital, inovasi, manajerial, dan budaya representatif; dan sistem pengajaran berbasis multimedia.

“Lulusan Magister Ilmu Komunikasi UMN akan mendapatkan gelar Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom). Dengan jadwal perkuliahan tiga hari dalam seminggu, mahasiswa dipersiapkan untuk bisa selesai menjalankan studi selama tiga semester,” ungkap Consultant Education UMN untuk Magister Ilmu Komunikasi, Sorta Yocevina.

Syarat pendaftaran dilakukan dengan memenuhi kelengkapan dokumen berupa identitas diri, fotokopi ijazah, fotokopi transkrip nilai, sertifikat TOEFL/TOEIC, dan surat rekomendasi perusahaan.

Seleksi calon mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi UMN dilakukan dengan Tes Potensi Akademik, wawancara, dan analisis studi kasus.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran, biaya, dan detail kurikulum, calon mahasiswa dapat menghubungi Sorta melalui email sorta@umn.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com