Kompas.com - 27/07/2021, 11:37 WIB
Selama pandemi Covid-19, para mahasiswa tentunya berpikir secara matang mengenai jurusan yang memberikan prospek kerja signifikan terhadap karier mereka. DOK. Humas UMNSelama pandemi Covid-19, para mahasiswa tentunya berpikir secara matang mengenai jurusan yang memberikan prospek kerja signifikan terhadap karier mereka.

KOMPAS.com – Aspek kehidupan manusia banyak berubah sejak dunia dilanda pandemi Covid-19. Salah satu yang paling terkena dampak adalah bidang pendidikan.

Dikatakan demikian karena pandemi membuat aktivitas pembelajaran, baik di tingkat sekolah maupun perguruan tinggi, terpaksa dilakukan secara dalam jaringan (daring).

Tak hanya itu saja, kondisi ekonomi yang tidak stabil selama pandemi juga membuat para mahasiswa berpikir ulang untuk menyusun masa depan.

Hal itu tentunya mempengaruhi pilihan jurusan kuliah. Para mahasiswa dituntut untuk menimbang ulang keputusan dalam mengambil program studi (prodi) yang dinilai bisa memudahkan mereka untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca juga: Lewat Program BTS, UNM Bantu Mahasiswa Raih Impian

Penting diingat bahwa prodi saat kuliah menjadi salah satu faktor penentu karier yang diperoleh setelah lulus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi Anda yang tertarik mengetahui prodi apa saja yang menjadi primadona selama masa pandemi Covid-19, berikut lima daftarnya, seperti dinformasikan Universitas Nusa Mandiri (UNM) dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (27/7/2021).

1. Teknik Informatika

Teknik Informatika menjadi salah satu prodi incaran para peserta didik baru selama pandemi. Ini terjadi karena sekarang masyarakat lebih terbuka terhadap teknologi.

Prodi ini menjadi jurusan yang menjanjikan, karena penggunaan teknologi yang akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Rektor UNM: Lulusan Jurusan Sains Data Banyak Dincar Perusahaan

Ketika mengambil prodi Teknik Informatika, mahasiswa akan belajar tentang penggunaan teknologi komputer secara optimal untuk menangani berbagai masalah pengolahan data atau proses logika.

Mereka juga akan mengkaji lebih dalam mengenai materi pemrograman dan komputasi. Setelah lulus, prospek pekerjaan yang ada juga cukup menjanjikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.