Kompas.com - 28/07/2021, 19:30 WIB
Permen Ini Bantu Turunkan Kecanduan Rokok, Inovasi Mahasiswa Unpad Dok. Humas UnpadPermen Ini Bantu Turunkan Kecanduan Rokok, Inovasi Mahasiswa Unpad

KOMPAS.com - Guna menurunkan angka kematian akibat merokok di Indonesia, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran membuat inovasi permen atau lozenges yang mampu menurunkan kecanduan merokok bagi pemakannya.

Inovasi ini didasarkan atas hasil penelusuran tim mahasiswa yang menemukan bahwa angka prevalensi merokok Indonesia menempati peringkat ketujuh di dunia dengan persentase tingkat merokok sebesar 39,90 persen.

“Tentu prevalensi merokok yang tinggi menimbulkan efek negatif bagi Indonesia. Beberapa tahun terakhir, kasus kematian akibat rokok sangat tinggi di Indonesia,” kata Rifky Adhia Pratama, salah satu tim mahasiswa.

Baca juga: Cerita Siswa SMK Anak Tukang Las yang Dapat Beasiswa Penuh Kuliah S1

Rifki beserta rekan mahasiswa Tiara Zahra Shafira, Endang Juliansyah, Iis Kurniasih, dan Kevin Reza Reynantha serta dosen pembimbing Rani Maharani, berhasil membuat permen yang memiliki kandungan cytisine, atau senyawa bahan alam yang bisa menurunkan kecanduan nikotin pada perokok.

Produk lozenges tersebut diberi nama “Kokro” yang merupakan pembalikan suku kata dari morfem “rokok”.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rifky menjelaskan, pengubahan suku kata pada rokok menjadi “Kokro” memiliki harapan bahwa produk ini mampu mengembalikan kesehatan manusia seperti sedia kala sebelum kecanduan merokok.

“Filosofinya dibalik dengan harapan bisa mengembalikan fitrah manusia sebagai makhluk yang sehat,” kata Rifky.

Kandungan dari tanaman alami

Tim pun berupaya menemukan solusi guna menurunkan angka kematian akibat merokok di Indonesia. Salah satunya dengan mencari senyawa alami yang mampu menurunkan kecanduan nikotin di otak.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Dari hasil penelusuran, ditemukan senyawa alami cytisine yang memiliki kemampuan bioaktivitas untuk mencegah terikatnya nikotin ke reseptor yang ada di otak.

Berdasarkan hasil kajian yang sudah ada, cytisine memiliki kemampuan untuk mengikat ke reseptor di otak tujuh kali lebih kuat ketimbang nikotin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.