Kompas.com - 29/07/2021, 14:14 WIB
FKKMK UGM Adakan Vaksinasi Covid-19 Drive Thru Dok. Humas UGMFKKMK UGM Adakan Vaksinasi Covid-19 Drive Thru

KOMPAS.com - Guna menghindari kerumunan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan vaksinasi yang dilakukan secara drive thru sepanjang Juli 2021.

Bersinergi dengan RS Sardjito dan Rumah Sakit Akademik, vaksinasi pertama kali diadakan pada 8 Juli 2021 dengan jumlah 122 vaksin dosis pertama dan 1 vaksin dosis kedua.

Vaksinasi selanjutnya diadakan pada 13, 15, 21, 22 dan 26 Juli dengan jumlah 3453 dosis pertama dan 18 vaksin dosis kedua. Dengan demikian, jumlah sasaran tervaksin adalah 3.471 orang.

Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan SDM FKKMK sekaligus ketua vaksinasi FKKMK, Hera Nirwati mengatakan vaksinasi yang dilakukan secara drive thru dikembangkan untuk menghindari kerumunan.

Baca juga: Beasiswa BRI Peduli 2021 bagi Mahasiswa S1: Biaya Pendidikan dan Uang Saku

“Yang kita jaga adalah agar tidak ada kerumunan. Biasanya kalau ada vaksinasi kan banyak yang antre, kalau ini dengan kendaraan maka mereka bergerak dengan kendaraan masing-masing. Jadi, ada motor lah, ada mobil lah, ada yang sepeda, ada yang jalan kaki, tetapi yang jalan kaki ini juga mengikuti alur,” ujarnya, seperti dirangkum dari laman UGM, Kamis (29/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia memaparkan FKKMK juga melakukan kerja sama dengan Rumah Sakit Akademik UGM untuk melakukan vaksinasi drive thru pada 27 hingga 29 Juli 2021.

Vaksinasi pada tanggal 27 Juli berjumlah 798 pendaftar dengan 596 orang yang hadir. Pada 28 Juli berjumlah 1.063 pendaftar dengan 825 orang yang hadir.

“Vaksinasi tanggal 26 yang kerja sama dengan RS Sardjito ada yang untuk umum, tanggal 27 kita juga sebagian memberikan kesempatan umum. Tanggal 28 ada 1.000 untuk semua warga UGM atau anggota keluarga yang satu rumah. Karena kita menggunakan prinsip vaksin sak omah. Artinya, dalam satu rumah kita usahakan untuk mendapatkan vaksinasi dan mendapatkan perlindungan sehingga dengan vaksinasi se-omah ini harapannya semua bisa terlindungi,” ujar Hera.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Sementara untuk vaksinasi tanggal 29 Juli 2021, Hera menyampaikan sasarannya diperluas untuk mahasiswa UGM.

Dengan langkah ini, ia berharap bisa membantu meningkatkan cakupan vaksinasi yang sebanyak-banyaknya supaya semua orang bisa terlindungi dan herd immunity segera tercapai.

"Kita semua kan sedang melakukan vaksinasi, kami dari Fakultas Kedokteran melakukan kerja sama dengan rumah sakit baik dengan RS Sardjito maupun Rumah Sakit Akademik supaya bisa memberikan layanan utamanya kepada warga UGM dan nanti ke depannya dijalankan kepada masyarakat secara umum,” terang Hera.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.