Kompas.com - 31/07/2021, 17:23 WIB
Untuk menyiasati HP yang dibawa orangtua bekerja, Tri Heni guru SDN 25 Pekanbaru, Riau mengajak siswanya belajar daring di akhir pekan. Pada hari kerja biasanya tidak lebih dari 10 siswa yang bisa mengikuti pembelajaran daring, saat dilaksanakan pada akhir pekan ada 25 siswa yang bisa mengikuti pembelajaran. DOK. TANOTO FOUNDATIONUntuk menyiasati HP yang dibawa orangtua bekerja, Tri Heni guru SDN 25 Pekanbaru, Riau mengajak siswanya belajar daring di akhir pekan. Pada hari kerja biasanya tidak lebih dari 10 siswa yang bisa mengikuti pembelajaran daring, saat dilaksanakan pada akhir pekan ada 25 siswa yang bisa mengikuti pembelajaran.
|

KOMPAS.com - Selain orangtua, panutan bagi siswa adalah guru. Karenanya, penting sekali guru memberikan pemahaman protokol kesehatan (prokes) pada siswanya.

Menurut Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Sleman dr. Joko Hastaryo, MKes., guru adalah panutan yang tepat bagi siswa.

"Saat memberikan pembelajaran daring, di tengah pelajaran guru juga harus mengingatkan pada siswanya untuk paham prokes," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (31/7/2021).

Baca juga: Persiapan PTM Terbatas, Bupati Sleman Gencarkan Vaksinasi Anak

Dikatakan demikian karena guru adalah kepanjangan dari "digugu lan ditiru" atau artinya bahwa seorang guru itu harus bisa memberi contoh dan teladan bagi para peserta didiknya.

Terkait materi prokes, menurut Joko, materi itu bisa diunduh dari laman resmi Kementerian Kesehatan. Yakni materi-materi tentang protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

"Karena guru bisa menjadi corong yang baik, maka kami berharap materi mengenai prokes juga disampaikan pada siswa," harapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya mengenai 5 M, yakni:

1. Memakai masker

2. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir

3. Menjaga jarak

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.