Kompas.com - 05/08/2021, 09:07 WIB
Proses fotosintesis britannica.comProses fotosintesis
|

KOMPAS.com - Di Indonesia, banyak terdapat buah-buahan. Ini karena negara kita beriklim tropis. Maka tak heran jika berbagai macam buah-buahan tersedia sepanjang tahun.

Buah-buahan merupakan tempat cadangan makanan pada tumbuhan. Pada tumbuhan terdapat bagian kecil bernama kloroplas sehingga tumbuhan mampu melakukan fotosintesis.

Apa itu fotosintesis? Bagi siswa sekolah yang sedang belajar Biologi khususnya proses fotosintesis, maka berikut ini penjelasan yang dirangkum dari laman Sumber Belajar Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Siswa, Ini Fungsi Telinga dan Bagian-bagiannya

Proses fotosintesis menghasilkan produk utama berupa karbohidrat yang disimpan sebagai cadangan makanan antara lain pada buah.

Selanjutnya buah ini dapat dikonsumsi oleh makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri dalam tubuhnya, yaitu hewan dan manusia.

Fotosintesis sendiri berasal dari kata foton yang berarti cahaya dan sintesis yang artinya penyusunan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, fotosintesis artinya proses penyusunan senyawa yang sederhana menjadi senyawa yang kompleks, pada bagian tumbuhan yang mengandung klorofil, dan dengan bantuan cahaya matahari.

Klorofil merupakan pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari, lalu mengubahnya menjadi energi kimia yang terikat dalam molekul karbohidrat.

Reaksi fotosintesis

Perubahan molekul yang tadinya lebih sederhana (6 molekul karbondioksida/CO2 dan 6 molekul air/H2O) menjadi senyawa yang kompleks (glukosa atau C6H12O6).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.