Kompas.com - 05/08/2021, 11:39 WIB
Ilustrasi belajar monkeybusinessimagesIlustrasi belajar

KOMPAS.com - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang masih harus dilakukan di tengah pandemi Covid-19 membuat siswa dan mahasiswa harus mampu menjadi pembelajar mandiri, karena adanya keterbatasan interaksi dengan guru dan dosen.

Kamu bisa mencari gaya belajar sesuai dengan kepribadian agar proses belajar berjalan dengan efektif. Ada yang secara visual, auditori ataupun kinestetik.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan sejumlah cara agar proses mengingat, menghafal dan mengerti materi pelajaran menjadi lebih lancar selama PJJ.

Berikut teknik yang bisa kamu coba, merangkum laman Quipper, Kamis (5/8/2021):

1. Bagi materi dalam bagian kecil

Ada banyak materi yang kamu pelajar dalam satu semester, bahkan dalam satu pertemuan kelas daring. Untuk bisa menguasai materi, kamu bisa membagi materi dalam beberapa bagian kecil.

Baca juga: Gaya Belajar Apa yang Cocok untuk Kamu? Yuk Ikut Tes Gratis Ini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamu bisa menggunakan metode mind-map. Menurut Quppier, mind mapping adalah sebuah teknik pembuatan catatan yang diperkenalkan oleh seorang psikolog, penulis, dan konsultan pendidikan dari Inggris bernama Tony Buzan.

Tony Buzan memperkenalkan teknik ini dengan menyadari bahwa otak bekerja dengan gambar secara asosiatif. Daya ingat seorang manusia selalu berhubungan dengan persepsi, perhatian, dan proses pemahaman.

Teknik ini akan mengubah catatanmu yang dulunya monoton dan membosankan menjadi sebuah diagram terorganisir penuh warna yang jauh lebih mudah untuk diingat.

Otakmu akan lebih mudah menerima informasi sebab ada tambahan berupa efek asosiasi antara kata kunci, gambar, dan warna yang tidak akan kamu dapatkan pada catatan biasa berupa kata-kata saja.

Yang perlu kamu siapkan ialah kertas polos seukuran kira-kira A4 karena kertas bergaris akan mengganggu gambar buatanmu serta alat tulis berwarna-warni.

Baca juga: Siswa SMA-SMK, Kuasai 5 Materi yang Sering Keluar di UTBK SBMPTN

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.