Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengingat, Menghafal dan Mengerti Materi Pelajaran

Kompas.com - 05/08/2021, 11:39 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang masih harus dilakukan di tengah pandemi Covid-19 membuat siswa dan mahasiswa harus mampu menjadi pembelajar mandiri, karena adanya keterbatasan interaksi dengan guru dan dosen.

Kamu bisa mencari gaya belajar sesuai dengan kepribadian agar proses belajar berjalan dengan efektif. Ada yang secara visual, auditori ataupun kinestetik.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan sejumlah cara agar proses mengingat, menghafal dan mengerti materi pelajaran menjadi lebih lancar selama PJJ.

Berikut teknik yang bisa kamu coba, merangkum laman Quipper, Kamis (5/8/2021):

1. Bagi materi dalam bagian kecil

Ada banyak materi yang kamu pelajar dalam satu semester, bahkan dalam satu pertemuan kelas daring. Untuk bisa menguasai materi, kamu bisa membagi materi dalam beberapa bagian kecil.

Baca juga: Gaya Belajar Apa yang Cocok untuk Kamu? Yuk Ikut Tes Gratis Ini

Kamu bisa menggunakan metode mind-map. Menurut Quppier, mind mapping adalah sebuah teknik pembuatan catatan yang diperkenalkan oleh seorang psikolog, penulis, dan konsultan pendidikan dari Inggris bernama Tony Buzan.

Tony Buzan memperkenalkan teknik ini dengan menyadari bahwa otak bekerja dengan gambar secara asosiatif. Daya ingat seorang manusia selalu berhubungan dengan persepsi, perhatian, dan proses pemahaman.

Teknik ini akan mengubah catatanmu yang dulunya monoton dan membosankan menjadi sebuah diagram terorganisir penuh warna yang jauh lebih mudah untuk diingat.

Otakmu akan lebih mudah menerima informasi sebab ada tambahan berupa efek asosiasi antara kata kunci, gambar, dan warna yang tidak akan kamu dapatkan pada catatan biasa berupa kata-kata saja.

Yang perlu kamu siapkan ialah kertas polos seukuran kira-kira A4 karena kertas bergaris akan mengganggu gambar buatanmu serta alat tulis berwarna-warni.

Baca juga: Siswa SMA-SMK, Kuasai 5 Materi yang Sering Keluar di UTBK SBMPTN

Selayaknya pohon, buat pusat mind map termasuk cabangnya berupa "dahan-dahan" yang berisi tema-tema utama. Tuliskanlah dahan-dahan buatanmu dengan warna berbeda antara dahan satu dengan dahan lainnya.

Selanjutnya, tema yang kamu anggap lebih kecil bisa kamu gambarkan berupa "ranting" dari dahan mind map-mu. Tuliskanlah ranting ini dengan warna yang sama dengan dahannya.

Dalam membuat mind map, usahakan agar kamu hanya menggunakan frasa-frasa pendek atau bahkan hanya satu patah kata saja.

Untuk membuat mind map buatanmu lebih mudah untuk dimengerti, kamu juga dapat menambahkan gambar-gambar yang sesuai. Tidak hanya itu, adanya gambar juga dapat meyakinkan bahwa pesan dari mind map buatanmu dapat tersampaikan dengan baik.

Saat ini, ada juga banyak software yang dapat kamu unduh untuk membuat mind map. Tapi, cobalah dahulu membuatnya secara manual.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com